Tanya Dokter

  • Kista indung telur

  •  rian99
    Anggota

    dok apa yang dimaksud dengan kista indung telur ?

    Halo Rian...   Kista indung telur adalah sebuah kantung yang terbentuk dalam organ indung telur (ovarium) wanita. Penyebab terbentuknya kista ini masih belum jelas, namun dipercaya peran hormonal mempengaruhi terbentuknya kantung berisi cairan atau benda padat tersebut. Jenis kista terdapat beberapa macam yakni :

    1. Kista fungsional = merupakan kista yang dipengaruhi oleh siklus menstruasi wanita. Terdapat 2 jenis kista fungsional yaitu kista korpus luteum dan kista folikel. Kista ini biasanya akan mereda atau menghilang dengan sendirinya seiring siklus menstruasi wanita, namun terkadang terdapat kasus kista menjadi berukuran besar.
    2. Kista sel abnormal = merupakan kista yang terbentuk akibat pertumbuhan sel abnormal dan tidak dipengaruhi oleh menstruasi. Jenis kista ini terbagi 2 yaitu kista adenoma dan kista dermoid. Sebagian kista ini bisa berkembang menjadi ganas / kanker.
    Untuk mengetahui adanya kista maka pemeriksaan USG minimal akan diperlukan. Namun untuk mengetahui jenis kista yang dialami baisanya diperlukan pemeriksaan laboratorium dengan memeriksakan hasil kista yang dikeluarkan (dioperasi) kemudian dicek di dalam mikroskop oleh ahli patologi. Penanganan kista diawali dengan melakukan observasi selama 3 bulan dengan harapan kista akan menghilang. Namun jika ukuran kista terlalu besar (>5 cm) dan memberikan keluhan kepada pasien seperti nyeri perut, gangguan menstruasi, perdarahan dll maka tindakan operasi untuk mengangkat kista harus dipertimbangkan. Baca topik Jenis kista ovarium. Semoga membantu.   dr. Yusi