Tanya Dokter

  • Apa boleh hamil sebelum operasi pengangkatan kista?

  •  Safana Aisyah
    Anggota

    Mlemb dok ..... Saya menderita kista ... Apakah saya bisa hamil sbelum mlakukan operasi pengangkatan kista ..... N gmn ciri2 kista membesar .....

    Hallo,   Jenis kista ovarium ada banyak dan  hanya beberapa jenis diantaranya yang bisa mempengaruhi kesuburan Anda. Namun dengan penanganan yang tepat keinginan Anda untuk bisa hamil masih bisa terjadi. Jenis kista yang mungkin mempengaruhi kesuburan Anda adalah tipe :

    1. Kista endometriosis
    2. Polikistik Ovarium
    Sementara kista fungsional, kista adenoma dan kista dermoid tidak mempengaruhi kesuburan Anda dan kemungkinan Anda hamil tetap ada. Baca artikel lengkap tentang Kista, penghambat wanita untuk memiliki keturunan di SINI  Gejala yang mungkin timbul dengan pembesaran kista adalah :
    1. Sering buang air kecil
    2. Sulit BAB
    3. Teraba benjolan di dalam perut jika ditekan
    4. Gangguan siklus menstruasi
    5. Nyeri pada panggul
    6. dll
    Pemeriksaan dan pengawasan kista sangat penting untuk menentukan langkah lanjutan pengobatan kista. Maka dari itu konsultasikan permasalahan Anda dengan dokter kandungan .Dokter akan memeriksa kondisi Anda dengan seksama dan melakukan pemeriksaan seperti USG, tes darah untuk menentukan apakah ada kemungkinan kearah keganasan dll. Pada beberapa jenis, kista bisa menghilang sendiri dengan perbaikan siklus menstruasi. Namun jika ukuran kista bertambah besar disertai adanya gejala yang dirasakan diatas maka tindakan pengangkatan kista bisa dipertimbangkan. Pengangkatan kista tidak akan mempengaruhi kesuburan Anda, karena biasanya yang diangkat hanyalah kistanya saja tanpa penyertaan ovarium Anda.
    Jangan takut dengan kista, baca artikel lengkapnya di SINI.
      Tindakan pengangkatan ovarium hanya dilakukan jika kista sangat besar sehingga membungkus ovarium atau ditemukannya tanda keganasan pada ovarium Anda. Baca artikel lengkap mengenai Kista Ovarium di SINI   Semoga membantu.   dr. Yusi