Tanya Dokter

  • Apa kista ovarium 4x5 cm harus dioperasi?

  • Selamat malam Dok..

    Nama saya Tranitia, mahasiswi 20 tahun. Sebelumnya saya pernah bertanya ke alodokter tentang siklus haid yg tidak teratur dan sudah dijawab. Jadi ketika saya mengalami haid 4x dalam kurun waktu kurang dari 2 bulan saya ke rumah sakit untuk usg dan dokter memberitahu saya kalau saya hanya mengalami gangguan hormon dan saya diberi obat norelut dan maltofer kemudian disarankan untuk kontrol 2 minggu kemudian. Setelah saya kontrol dan usg lagi ternyata dokter mengatakan kalau ada kista di ovarium saya berukuran 4x5 cm. Dokter memberi saya obat cyclo-progynova dan saya disuruh minum obatnya selama 2 bulan dan akan dilihat lebih lanjut perkembangan kista saya.

    Menurut dokter, kista dengan ukuran 4x5 cm apakah sudah seharusnya untuk dioperasi? Dan apakah ada makanan yg harus saya jaga agar kista tersebut tidak berkembang? Kemudian setelah operasi biasanya berapa lama waktu recovery nya dok?

    Terimakasih sekali apabila dokter mau menjawab:)

    Halo,   Penanganan kista pada awalnya memang dilakukannya observasi dengan pengobatan selama 3 siklus menstruasi dengan harapan kista akan mengecil dan tidak memerlukan tindakan operasi. Tindakan operasi biasa dilakukan hanya dengan indikasi :

    1. kista besar berukuran > 5 cm.
    2. Kista menimbulkan gejala seperti perdarahan, nyeri perut, keputihan dll.
    Baca artikel Jenis kista ovarium. Pada dasarnya tidak ada pantangan makanan untuk penderita kista, karena penyebab tersering dari kista adalah diakibatkan hormonal yang sedikit sekali dipengaruhi oleh makanan.  Namun untuk menambah kesehatan makanlah makanan segar yang bebas dari pestisida, bebas tambahan hormon dari luar serta bebas pengawet. Jika Anda memilih operasi sebagai tindakan penanganan kista Anda, maka proses penyembuhan akan dipengaruhi oleh jenis operasi yang Anda pilih. Jika Anda memilih operasi terbuka (laparotomi) maka penyembuhan akan lebih lama dari laaproskopi ( bedah intip). Normalnya penyembuhan akan memakan waktu 4-6 minggu untuk pulih total 100%. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi