Tanya Dokter

  • Penyembuhan kista ovarium

  •  rezki amelia
    Anggota

    Mau tanya dok, bulan lalu sy ke dokter spesialis obgyn untuk program hamil, setelah USG di rahim sy ada kista berdiameter 4 cm tepat di tengah, kemudian disuruh kontrol saat haid. Pas haid sy datang kembali trs di USG alhamdulillah bersih, setelah itu diresep esfolat dan sante E, kemudian kmbali lg pas masa subur sesuai tgl yang diberikan dokter, beberapa minggu kemudian sy kembali kemudian di USG lg ternyata kistanya tumbuh di ovarium kiri dan kanan, tpi ukurannya kurang dari 3cm, yang sy tanyakan bagaimana menyembuhkan kista? Apakah ada obat yang bisa diresepkan?

    Halo, Kista ovarium terbagi menjadi dua.

    • Kista yang muncul dalam siklus menstruasi, disebut dengan kista fungional. Kista jenis ini merupakan jenis kista yang umum terjadi, tidak berbahaya dan hilang timbul pada siklus menstruasi.
    • Kista yang muncul dikarenakan pertumbuhan sel tidak normal. Jenis ini lebih jarang terjadi, tidak dipengaruhi oleh siklus menstruasi namun lebih berbahaya.
    Pada kista jenis fungsional sangat jarang diperlukan tindakan operasi, dan bisa hilang secara sendirinya. Pada kondisi dimana kista sudah lebih besar dari 5 cm, dan menimbulkan keluhan yang mengganggu (perdarahan, nyeri hebat, gangguan pada pencernaan dan gangguan siklus menstruasi). Lakukan kontrol rutin guna melihat perkembangan kista, dari sana akan dapat dinilai apakah perlu dilakukan tindakan atau tidak. Hal ini perlu dikonsultasikan dengan dokter spesialis kebidanan yang merawat. Berikut saya sertakan artikel tentang kista ovari yang dapat memberikan pengertian lebih mendalam: Semoga bermanfaat, dr. Aditya Pratama.