Tanya Dokter

  • Pengangkatan kista ovarium

  •  Jang Ra
    Anggota

    Hallo dok, sya Ira usia 32th dan belum menikah. Th 2005 sya ada kista menggantung di sblah kanan sebesar 6cm. Lalu th 2015 ni sya baru cek lagi ternyata kista & miom ny berkembang jd 2, yg 1 berdiameter 8cm, yg satu lagi 6cm, kista ny menempel di dingding rahim & perut sya terlihat lebih besar doc. Sya sudah konsultasi k dokter Spog, di harus kan segera operasi. Lalu sya konsultasi k dokter Spog lain nya, tapi di kasih 2 options : operasi atw hamil memiliki anak dlu baru nanti stelah lahiran di caesar sekalian ambil penyakitnya. Nah saya bingung doc, gimana sebaik nya ya?? Klo hamil dlu sya takut nya mengganggu kehamilan, mengganggu bayi atw menekan bayi nanti nya, atwpun sya takut nanti nya malah keguguran. Sebaiknya sya harus gimana y doc??

    Hai Maksud dan tujuan dokter Anda untuk hamil terlebih dahulu kemungkinan karena posisi kista yang menempel pada dinding perut ditakutkan akan sulit dilakukan pengangkatan kista saja, sehingga ada kemungkinan pengangkatan sel telur secara keseluruhan yang selanjutnya dapat mempengaruhi kesuburan Anda bila ingin memiliki keturunan. Oleh sebab itu sebaiknya memiliki keturunan terlebih dahulu. Anda tidak perlu terlalu khawatir. Kista ovarium berada di luar rahim sehingga sangat jarang menyebabkan gangguan pada janin, kemungkinan menyebabkan gangguan pada janin bila kista berukuran sangat besar melebihi 10 cm, namun umumnya tidak menyebabkan gangguan apapun. Sedangkan pada miom rahim juga tidak mempengaruhi janin, walaupun pada saat hamil biasanya miom akan cenderung ikut membesar dikarenakan faktor hormonal. Miom baru dapat menyebabkan gangguan pada janin bila letaknya di mulut rahim sehingga dapat menghalangi jalan lahir bila direncanakan persalinan normal lewat vagina, namun pada Anda akan direncanakan operasi sesar sehingga tidak menggangu. Beberapa kemungkinan gangguan pada janin akibat miom, antara lain:

    • Nyeri perut hebat yang dapat merangsang terjadinya kontraksi
    • Perdarahan
    • Kelainan posisi janin, misal sungsang.
    Namun hal diatas jarang terjadi. Untuk pastinya Anda dapat berkonsultasi langsung pada dokter Anda. Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Miom rahim Jangan takut dengan kista ovarium. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william