Tanya Dokter

  • diagnosis dan operasi kista ovarium

  • Ass.. Dok,sy berumur 20th dan saya di diagnosa kista ovarium? 8,7x7,8x12,4cm ,dan harus d operasi,menurut dokter gimana?

    Hai, Indikasi dilakukannya operasi pada kista adalah apabila:

    1. Ukuran kista besar ( diameter >5cm)
    2. Kista menimbulkan gejala yang sangat mengganggu = nyeri perut, perdarahan, perut besar dll
    Jadi secara umum dengan melihat ukuran dari kista Anda maka sebaiknya dilakukan pengangkatan dari kista tersebut. Namun baik dioperasi atau tidak, keputusan terakhir tetap berada di tangan Anda. Operasi merupakan prosedur medis yang membutuhkan persiapan dan pemeriksaan yang seksama. Sebelum dilakukan tindakan operasi Dokter selayaknya melakukan pemeriksaan seksama kepada Anda secara menyeluruh. Pemeriksaan bisa berupa :
    1. USG = untuk melihat ukuran, konsistensi dan letak dari kista.
    2. Tes Darah = dokter akan melakukan pengecekan CA 125 untuk melihat ada / tidaknya tanda keganasan pada kista Anda dan persiapan operasi lainnya.
    3. Rontgen jika Anda akan melakukan operasi
    4. Tes Urin jika perlu
    Anda bisa membaca lebih jauh tentang kista pada laman berikut. Kista ovarium Jangan takut dengan kista Kista jinak Bisa menjadi ganas? Sebenarnya pada kebanyakan kasus kista ovarium bisa dilakukan pengawasan selama 3 bulan (jika ukuran kista kecil) untuk melihat apakah kista akan menghilang dengan sendirinya seiring dengan siklus hormonal seorang wanita.   Semoga membantu.   dr. Yusi    

    Maya Robiansyah  Arini Ismail
    Anggota

    Hay maya.. Saya arini 28th, sy juga menderita kista endo kanan 4,8 dan kiri 3,5 Terus terang saat ini sy sgt sedih karena penyakit ini.. Yg mau saya tanyakan, apakah kamu sdh di oprasi? Trus bagaimana kedaan sekarang?... Tolong di balas, karna sy saat ini sgt sy juga mau rencana oprasi..