Tanya Dokter

  • Pengobatan untuk kista ovarium

  •  hadi Prawoto
    Anggota
    assalamualaikum Dok maaf ini istri saya hasil usg ada cairan .kata dari dokter usg kista dengan ukuran 4.8 yang saya ingin tanyakan 1. apakah tumor tersebut bisa berbahaya atau tidak dengan ukuran tersebut 2.langkah tindakan untuk kedepan jangka panjangnya bagaimana 3.apakah masih bisa punya keturunan maaf Dok jika pertayaanya banyak saya kwatir dengan kondisi istri saya

    Dear Hadi,

    Kista ovarium merupakan kantong berisi cairan (kista) yang terbentuk di dalam ovarium. Kista ovarium ada dua jenis: kista fungsional dan kista patologis. Kista fungsional bukan merupakan gejala yang berbahaya dan akan menyusut dengan sendirinya. Munculnya kista ovarium fungsional ini terkait siklus menstruasi. Kista patologis merupakan kista yang berisi sel-sel yang tidak normal.

    Kista secara umum tidak menimbulkan gejala dan dapat hilang sendiri dalam beberapa bulan. Kendati demikian, kista yang besar atau pecah berisiko menimbulkan gejala serius sehingga perlu dioperasi.

    Jika Anda mengidap kista berukuran besar yang terus membesar atau menimbulkan gejala klinis, konsultasikan dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan (Sp.OG) untuk pertimbangan dilakukan operasi. Operasi pengangkatan kista yang berukuran kecil dapat dilakukan dengan operasi ‘lubang kunci’ atau laparoskopi. Untuk kista yang besar atau yang diperkirakan mengandung sel abnormal (bisa bersifat kanker), operasi dengan ukuran sayatan lebih besar atau laparotomi (buka poerut) akan dilakukan.

    Semua tindakan bedah atau operasi pasti mempunyai risiko, termasuk operasi kista ovarium. Pasien perlu menemui dokter bila terjadi komplikasi operasi.

    Beberapa gejala yang mengindikasikan terjadinya infeksi, yaitu:

    • demam
    • nyeri yang hebat atau perut membengkak
    • terjadi pendarahan yang parah
    • cairan vagina yang berwarna lebih gelap serta berbau tidak sedap


    Selengkapnya dapat Anda baca:

    Kista ovarium

    Semoga bermanfaat,

    dr. Rony