Tanya Dokter

  • Kista ovarium tumbuh lagi setelah laparaskopi

  •  fidhiah
    Anggota
    Assalamu'alaikum dok selamat malam Sya pd bln feb melakukan oprasi laparoskopi pada kista endometrium sebesar 10cm di bag ovarium kanan Kemudian sya diberi suntik tapros sebnyak 3 kali selama 3 bln Dibulan juni sya sdh kembali haid seperti biasa namun siklus haid sya menjadi 26 hri yg sebelumnya 28 hri...sejauh ini haid sya teratur dok namun pd bln september sya merasakan nyeri setiap haid pd hari kedua dan hari ini tgl 6 november sya merasakan nyeri yg hebat akhrnya sya dan suami memutuskan utk konsul ke dr kandungan dan benar saja dugaan sya ada kista lg di ovarium kiri sya sebesar 4,8cm Dokter kndungan sya tdk memperbolehkan sya utk operasi Laparaskopi lg, shg disarankan agar sya melakukan inseminasi krn sya dan suami ingin memiliki keturunan dok. Kemudian sya diberi obat oleh dokter kdungan sya visanne dienogest diminum 1 kali sehari rutin... Dan mengingat sya memiliki kanker thyroid dok Pertanyaan sya apa yg sya hrs lakukan dok mengingat kondisi sya seperti ini dan kami berharap dapat memiliki keturunan Terima kasih bnyk dok sebelumnya Saya tunggu jwbannya Wassallamu'alaikuum

    Hai Fidhiah, 

    Kista ovarium merupakan kantung berisi cairan yang terdapat di ovarium. Umumnya kista ovarium tidaklah berbahaya. Tetapi sebagian kecil kista dapat berkembang menjadi ganas.

    Kondisi Anda saat ini, (memiliki kista kembali di tempat yang berbeda, memiliki riwayat kanker thyroid, dan belum menginginkan untuk memiliki anak ), mengharuskan Anda untuk kontrol secara rutin dengan dokter, dan berupaya untuk memiliki anak dengan cara yang selama ini belum dilakukan.

    Inseminasi seperti yang dianjurkan oleh dokter Anda mungkin merupakan jalan terbaik saat ini. Tetapi, Anda tetap dapat mencari pendapat dokter lainnya, jika Anda masih merasa belum yakin.

    Perlu diketahui bahwa, gangguan pada thyroid termasuk kanker thyroid, dapat meningkatkan faktor resiko seorang wanita untuk kemudian terkena kanker ovarium. Hal ini disebut dengan Penyakit Cowden, atau sindrom cowden. Selain itu, kanker thyroid ini juga meningkatkan kemungkinan seorang wanita untuk terkna kanker payudara.

    Pemeriksaan rutin dapat membantu seseorang untuk melihat lebih awal, jika saja penyakit tersebut muncul.

    Saran kami:

    • Hindari penggunaan bedak untuk organ intim Anda, karena dapat meningkatkan resiko kanker ovarium
    • Berupaya untuk segera hamil sangat disarankan saat ini, jika Anda memang masih menginginkan keturuan. Baca: Kista ovarium mengganggu kesuburan
    • Selalu kontrol dengan dokter untuk mengetahui kondisi kista Anda. Baca: Kapan kista jinak menjadi ganas
    • Makanlah makanan sehat, hindari makanan olahan, kopi, alkohol, dan soda.
    • Stop merokok

    Demikian, semogabermanfaat ya