Tanya Dokter

  • Penanganan kista payudara

  •  I
    Anggota

    Halo dok, saya baru saja melakukan USG Mammae dan Axilla. Hasilnya mammae kanan normal, tapi mammae kiri posisi jam 6-7, periareolar tampak lesi kistik simplek berukuran kurang lebih 0,5 x 0,3 cm dan area padat noduler berukuran kurang lebih 0,7 x 0,3 cm. Kata dokternya ada kista kecil di payudara kiri. Apa kista payudara itu berbahaya? Bagaimana cara menghilangkannya?

    Hasil Axilla kanan tampak lesi hipoekhoik subcutis dengan ukuran kurang lebih 1,5 x 0,6 cm dan Axilla kiri kurang lebih 0,4 x 0,3. Awalnya dokter memperkirakan itu kelenjar getah bening. Tapi hasil USG kelenjar keringat, ya dok? Apakah harus diangkat? Bahaya tidak?

    I  I
    Anggota

    Sehari sebelum cek Axilla dokter bilang itu kelenjar getah bening dan saya diberi obat Clindamycin. Tapi setelah melakukan Axilla dikatakan itu kelenjar keringat. Dan saya baru kontrol ke dokter yang menangani saya di hari Senin nanti. Bolehkah obat itu diminum dulu? Atau tidak usah ya dok? Terima kasih.

    Halo, Terimakasih atas pertanyaan yang diajukan. Mengenai kista payudara itu sendiri, merupakan salah satu jenis  benjolan pada payudara yang timbul akibat pengaruh hormonal. Benjolan kista payudara berisi cairan, bisa dialami pada salah satu atau kedua payudara dengan bentuk yang berbeda. Benjolan kista payudara tergolong jinak, dan tidak akan berkembang menjadi kanker. Penanganan yang bisa dilakukan untuk mengatasi kista pada payudara berupa aspirasi atau penyedotan cairan pada benjolan tersebut. Namun, penanganan yang sesuai dengan Anda ditentukan oleh dokter yang memeriksa Anda sesuai dengan hasil pemeriksaan yang ditemukan. Mengenai hasil pemeriksaan yang berupa kelenjar keringat, pada dasarnya juga tidak tergolong ganas. Bahaya atau tidaknya bisa Anda pastikan lagi dengan mengonsultasikan ke dokter yang memeriksakan Anda, apakah perlu dilakukan pemeriksaan sampel jaringan. Karena dari hasil pemeriksaan tersebut bisa menilai adakah terdapat tanda keganasan. Penanganan operasi atau tidak juga ditentukan oleh dokter yang memeriksa, apakah ada indikasi atau tidak. Sebaiknya pengobatan yang diberikan oleh dokter yang merawat Anda dijalani dengan baik. Tujuannya agar bisa mencapai target kesembuhan sesuai yang diharapkan. Topik terkait : waspadai benjolan pada payudara benjolan dan tumor pada payudara belum tentu kanker Demikian informasi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.