Tanya Dokter

  • Pengecekan klamidia melalui darah

  •  jackx
    Anggota

    selamat malam dok

    mau tanya kalo untuk cek klamidia metode pengambilan darah apakah akurat?

    bulan 3 maret sy ada melakukan cek klamidia melalui pengambilan darah di Bio Medika. dan kalo misalkan untuk cek resistensi bakteri klamidia atau gonore itu biasa ceknya di rumah sakit atau di laboratorium?

     

    terima kasih

    jackx  dr. Rico N
    Dokter

    Halo, Pemeriksaan yang anda maksudkan adalah pemeriksaan serologis klamidia, yakni suatu pemeriksaan terhadap adanya antibodi yang diproduksi oleh tubuh sebagai respon terhadap infeksi klamidia. Ada 2 jenis antibodi yang umumnya dilihat, yakni IgM dan IgG, dimana igM akan menunjukkan adanya suatu proses infeksi akut yang sedang berlangsung dan IgG menunjukkan adanya suatu infeksi di masa lampau. Jika keduanya positif berarti dahulu prnah terinfeksi dan saat inipun infeksi sedang berlangsung. Seperti pada kasus infeksi lainnya, standar baku emas / yang paling akurat dalam menentukan infeksi klamidia adalah dengan menemukan langsung bakteri tersebut me;alui pemeriksaan mikrobiologi seperti pengecatan dan kultur (memakan waktu).  Pemeriksaan serologis, memiliki akurasi yang cukup tinggi yakni > 90% meski tidak sampai 100 % sehingga cukup dapat diandalkan. Akurasi tentunya akan dipengaruhi oleh standar / metode yang digunakan oleh lab pemeriksa Pertanyaan kedua anda jawabannya adalah tergantung apakah fasilitas tersebut memiliki saran  melakukan hal tersebut. Sebaiknya anda menanyakannya langsung pada fasilitas tersebut, karena tidak semua RS ataupun lab klinik swasta memiliki fasilitas kultur untuk uji sensitivitas. klamidia diskusi lebih lanjut mengenai klamidia demikian yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat.

    jackx  jackx
    Anggota

    ok terima kasih jawabannya berarti cek metode pengambilan darah bisa dikatakan akurat ya sy terakhir melalukan tindakan beresiko tgl 18 januari 2015 dan cek klamidia pada tgl 10 maret 2015 hasilnya negatf ig dan igm tapi sekarang sy mengalami nyeri di pangkal paha dan sekitar anus tumbuh bentol padahal sy sudah tidak melalukan tindakan berisiko lg