Tanya Dokter

  • Kelenjar getah bening sama tidak dengan gondongan?

  • Dok apakah getah klenjar bening itu gondongan ?? Dan apa bila sama, apa kah itu berbahaya untuk ibu hamil Apakah klenjar getah bening itu menular ??

    Hai Yang dimaksud dengan gondongan adalah infeksi pada kelenjar yang berfungsi untuk mengeluarkan air liur, yang disebut dengan kelenjar parotis, dalam istilah medis disebut dengan mumps. Sedangkan kelenjar getah bening berfungsi sebagai daya tahan tubuh bila terjadi infeksi atau peradangan, sehingga dapat membesar misal pada saat terjadi infeksi virus, bakteri, jamur, dsb. Sebagai contoh pada saat nyeri tenggorok, terjadi proses infeksi atau peradangan pada tenggorok maka dapat teraba kelenjar getah bening bawah dagu yang terasa sedikit nyeri. Kelenjar getah bening terdapat di beberapa bagian tubuh seperti di bawah dagu, belakang telinga, leher, selangkangan, dalam rongga perut, dsb. Pada gondongan atau mumps sebagian besar disebabkan oleh infeksi virus, namun ada juga sebagian kecil disebabkan oleh infeksi bakteri. Gondongan dapat menular melalui percikan liur di udara misal saat bersin, batuk, atau berbicara. Gejalanya adalah demam disertai pembengkakan pada dagu kiri atau kanan dibawah telinga yang nyeri. Gondongan umumnya dapat sembuh dengan sendirinya. Pada wanita hamil yang terkena gondongan, dikatakan terdapat peningkatan risiko terjadinya keguguran bila usia kehamilan kurang dari 12 minggu. Sedangkan pengaruh pembesaran kelenjar getah bening terhadap kehamilan tergantung dari penyebabnya, bila hanya disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan tentunya tidak ada pengaruh pada janin dalam kandungan. Beberapa penyebab dari pembesaran kelenjar getah bening, antara lain:

    • Infeksi bakteri, virus, jamur atau parasit
    • Obat-obatan
    • Autoimun
    • Kanker
    Informasi dan diskusi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Pembesaran kelenjar getah bening. Apa itu gondongan? Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william