Tanya Dokter

  • Penyebab vagina mengeluarkan darah saat hubungan intim setelah masa nifas

  •  purnamasari
    Anggota
    Pagi dokter.Saya mau tanya dok.Saya hampir mau 2 blan melahir kan dok.Selesai nifas slama 40 hari.Saya sudah berhubungan badan sama suami dok.Nah sekarang" kenapa setiap di pake suami selalu ada keluar darah dari vagina saya ya dok.Itu knpa dokter.Terimakasih.

    Hai Purnamasari,

    Masa nifas adalah masa pemulihan bagi wanita paska melahirkan. Nifas berlangsung sekitar 6 minggu atau 40 hari, dimana di waktu ini organ reproduksi kembali beradaptasi dan kembali ke normal, yang ditandai dengan keluarnya perdarahan yang aktif dan segar hingga berangsung berkurang dan berwarna lebih muda atau pucat. Pada beberapa individu masa nifas dapat berlangsung lebih dari 40 hari, namun hal ini bukanlah suatu masalah yang serius, mengingat kondisi setiap wanita berbeda-beda.

    Berhubungan intim disarankan setelah masa nifas selesai, agar masa pemulihan dapat optimal, karena ditakutkan masih keluarnya flek seperti yang terjadi pada Anda. Hal ini tergolong normal, namun jika masa nifas lebih panjang dari 2 bulan, dan perdarahan cenderung tidak berkurang setiap selesai berhubungan dan disertai keluhan lain seperti nyeri perut bawah, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. Pemeriksaan lanjutan diperlukan untuk memastikan adakah gangguan pada organ reproduksi Anda.

    Anda juga dapat menyimak artikel berikut mengenai penyebab keluarnya flek coklat paska berhubunga intim.

    semoga bermanfaat,

    dr. Tantya