Tanya Dokter

  • pengaruh iud atau KB spiral dan kehamilan

  • Met sore dok..... Dok saya udah 2tahun lebih 4bulan lepas dari iud tapi saya kok hamil jg ya? Apa ada pengaruhnya dari iud itu? Terus saya jarang menstruasi, gimana cara mengatasinya dok.....

    Hai,   Hingga saat ini belum ada penelitian ilmiah bahwa IUD berdampak buruk pada kesuburan wanita. Anda tetap bisa kembali hamil setelah lepas IUD, namun mungkin membutuhkan waktu agar tubuh kembali berfungsi normal. Siklus menstruasi yang tidak teratur harus dicari penyebabnya agar siklus menstruasi kembali normal dan kemungkinan Anda untuk hamil akan lebih tinggi dengan siklus yang teratur. Menstruasi merupakan suatu siklus reproduksi normal yang terjadi setiap 28-35 hari setiap siklusnya. Dengan lama kurang lebih 2-7 hari dan banyak darah yang keluar berkisar 40 ml dalam sehari. ( Artikel menstruasi ada di SINI) Jika siklus Anda memanjang ( > 35 hari)  / Oligomenorhea dengan jumlah sedikit ini akan mempengaruhi kemungkinan Anda untuk hamil. Adapun penyebab siklus haid tidak teratur ini (oligomenorea) adalah :

    1. Perubahan berat badan yang ekstrem
    2. prolaktinemia
    3. Gangguan tiroid
    4. Olahraga berlebih yang ekstrem
    5. Polikistik Ovarium
    6. gangguan pola makan = anoreksia/ bulimia
    7. dll
    Untuk menentukan penyebab siklus yang tidak teratur ini, Anda memerlukan pemeriksaan fisik oleh dokter kandungan. Dokter akan memeriksa kondisi Anda dan melakukan pemeriksaan lain seperti tes darah, USG, Histeroskopi dll Penanganan akan disesuaikan dengan penyebab yang mendasari keluhan Anda. Beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mempermudah kehamilan adalah : ( baca disini untuk info lengkap)
    1. Teratur berhubungan seks saat masa subur.
    2. Cek masa subur Anda dengan alat khusus yang bisa dibeli di apotik atau dengan kalkulator masa subur di SINI.
    3. Gaya hidup sehat dengan menghindari rokok, alkohol, kopi
    4. Minum vitamin E dan asam folat
    5. Cek kesehatan Anda dan pasangan.
    6. Hindari bulu binatang, asap, polusi, bahan kimia dll
    Semoga membantu.     dr. Yusi