Tanya Dokter

  • Makanan yang baik bagi penderita kolesterol dan manfaat puasa panda penderita kolesterol

  •  masita
    Anggota

    Assalamu Alaikum . Terima kasih atas jawaban yang sangatl lengkap dan sangat membantu saya dalam memperbaiki pola hidup/pola makan saya,semoga ALODOKTER tetap eksis dan setia dan iklas membantu orang2 yang membutuhkan, dan semoga para dokter beserta jajarannya mendapat pahala yang tiada henti dan semoga keluargax tetap dalam keadaan sehat walafiat. Tapi saya masih ingin bertanya apakah olahan kacang2an seperti tahu/tempe, ikan kering dan kopi masih bisa saya konsumsi ? Mengingat salah satu manfaat puasa adalah membuang toksin dari dlm tubuh, apakah kolesterol jahat juga bisa terbuang dengan ber puasa? Hasil tensi saya 2 minggu lalu sampai saat ini adalah 120/80, umur saya 46 tahun, 2 saudara kandung saya juga menderita kolesterol tinggi setelah berusia diatas 40 tahun. mohon dijawab ya dokter.wassalam

    Dear Masita, Makanan seperti kacang-kacangan, ikan kering, dan kopi masih boleh dikonsumsi dalam jumlah tidak berlebihan. Kacang-kacangan mengandung asam urat kadar sedang sehingga konsumsinya perlu dibatasi. Ikan kering atau ikan asin mengandung kadar garam yang tinggi yang tidak baik untuk penderita hipertensi atau dapat meningkatkan risiko hipertensi sehingga pelu dibatasi juga. Kopi mengandung kafein yang bila dikonsumsi berlebihan dapat mengganggu fungsi lambung dan jantung. Berpuasa tanpa makan apa pun otomatis akan mengurangi asupan lemak atau kolesterol jahat sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat secara tidak langsung. Kadar kolesterol jahat perlu diimbangi dengan kadar kolesterol baik yang cukup. Kolesterol baik dapat mengurangi penimbunan kolesterol jahat di dalam jaringan yang berisiko menimbulkan plak pada dinding pembuluh darah yang meningkatkan risiko terjadinya stroke dan serangan jantung. Olahraga merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kadar kolesterol baik. Berikut tips yang dapat Anda lakukan:

    • kurangi makanan berlemak dan gorengan
    • makan lebih banyak buah dan sayur
    • olahraga teratur minimal 3 kali seminggu dengan berjalan kaki, jogging, atau renang
    • isitrahat dan tidur yang cukup
    • kelola stres dengan baik
    Berikut laman yang dapat Anda baca: Menikmati makanan penurun kolesterol Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam, dr. Rony Wijaya