Tanya Dokter

  • Penggunaan obat simvastatin

  • Assalam... Dok, bolehkah mengonsumsi obat simvastatin hanya satu tablet saja, lalu tidak dilanjutkan lagi? Atau harus dikonsumsi satu papannya? Apa efeknya jika hanya mengonsumsi satu tablet saja?
    Iddha Arin Kiswanto  dr. Prasetyo
    Dokter

    Halo Iddha, terimakasih sudah bertanya di Alodokter.com

    Simvastatin adalah obat golongan statin yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dengan cara menghambat enzim pembentuk kolesterol sehingga kadar kolesterol dalam darah berkurang -- dan dapat menurunkan risiko terkena penyakit gangguan pembuluh darah seperti stroke, dan serangan jantung.

    Penggunaan dari obat simvastatin tergantung pada kondisi (kadar koslesterol dalam darah) semakin tinggi kadar dan risiko terkena penyakit tersebut, maka semakin besar dosis yang diperlukan. Pemakaian obat ini umumnya bersifat jangka panjang, dan harus digunakan secara rutin setiap harinya. Bila Anda sudah menemui dokter, dan diberikan obat tersebut satu lembar (10 tablet) maka sebaiknya dikonsumsi secara teratur hingga habis terlebih dahulu, setelah itu akan dilakukan pemeriksaan ulang terhadap kadar kolesterol dalam darah dan bila dirasa masih tinggi umumnya akan dilakukan modifikasi terhadap dosis pemberian. Penggunaan satu tablet saja umumnya tidak dapat memberikan efek yang optimal terhadap penurunan kadar kolesterol, sebaiknya Anda berkonsultasi kembali dengan dokter yang merawat Anda untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai kondisi kesehatan Anda dan penggunaan obat tersebut. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, dr Prasetyo