Tanya Dokter

  • napas pendek-pendek dan tubuh mudah pegal setelah beraktifitas

  •  Widodo
    Anggota

    Dok, saya merasa nafasnya pendek², anggota badan gampang pegal jika untuk bekerja. Waktu dideteksi melalui komputer, dibilang saya terkena kolesterol stadium awal. Dan juga mengalami pengapuran tulang. Apa obat untuk kedua keluhan saya dok. Trina kadih.

    Hai Widodo, Terimakasih telah bertanya ke Alodokter. Sebelumnya perlu diperjelas seperti apa pemeriksaan dengan komputer yang Anda maksud? Apakah dilakukan oleh dokter? Seperti apa prosedurnya? Apakah melibatkan proses pengambilan darah, USG, atau lainnya? Jika yang Anda maksud adalah pemeriksaan dengan komputer yang marak dilakukan hanya dengan cara menempelkan salah satu anggota tubuh ke suatu alat yang terhubung dengan komputer, lalu dalam waktu sekejap muncul deskripsi penyakit-penyakit yang Anda derita tanpa memerlukan pemeriksaan apapun, maka metode diagnosis seperti ini belum teruji secara medis keakuratannya. Keluhan napas pendek-pendek dan mudah pegal seperti yang Anda alami bisa disebabkan oleh banyak hal, belum tentu karena hiperkolesterolemia atau pengapuran tulang (osteoporosis). Napas pendek-pendek bisa terjadi karena:

    • Asma, bronkhitis, COPD (chornic obstructive pulmonary disease)
    • Dispepsia (peningkatan asam lambung)
    • Ketidakseimbangan asam basa
    • Cemas, panik, dsb
    Sedangkan, mudah pegal saat beraktifitas bisa terjadi karena:
    • Jarang olahraga
    • Mialgia (nyeri otot)
    • Hiperkolesterolemia (kolesterol tinggi)
    • Radang sendi (arthritis), misalnya karena rematik, asam urat
    • Infeksi virus, bakteri, dsb
    Untuk memastikannya, sebaiknya diperiksakan langsung ke dokter ya.. Umumnya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh, atau dibantu dengan pemeriksaan penunjang lain, seperti laboratorium, rontgen, rekam jantung (elektrokardiografi), dsb. Sebagai langkah awal, Anda bisa lakukan beberapa tips berikut:
    • Istirahat yang cukup 7-8 jam sehari
    • Kendalikan stres dengan bijak
    • Berolahraga teratur 3-4x seminggu, seperti renang, jogging, senam aerobik, yoga, dsb
    • Perbanyak minum air putih 8-10 gelas perhari
    • Konsumsi makanan bergizi seimbang. Perbanyak asupan vitamin C (jambu, jeruk, strawberry, kelengkeng). Batasi makanan pedas, bersantan, tinggi kolesterol, kafein
    • Hindari rokok dan alkohol
    Semoga membantu ya..   dr. Nadia Nurotul Fuadah