Tanya Dokter

  • kolesterol tinggi

  •  Guantoyo
    Anggota

    kemarin trigliserid saya 470, sudah kedokter dan diberi obat, tahun lalu juga kolestrolku tinggi pernah sampai 1000, kenapa kolestrolku sering tinggi, makanan apa yang harus dihindari dan makanan apa yg mesti dikonsumsi? Apakah obat kolestrol simfastatin boleh dimakan terus menerus agar kolestrolnya tidak tinggi trim...

    Halo,   Kadar trigliserida yang tinggi bisa disebabkan karena faktor :

    1.  Genetik
    2. Pola makan yang buruk = makanan berkadar gula dan lemak tinggi.
    3. hipertiroid
    4. Penyakit ginjal
    5. Diabetes
    6. Minuman keras / alkohol
    7. Obesitas
    Sementara kadar kolesterol yang tinggi juga sebagian besar disebabkan oleh faktor yang sama seperti diatas ditambah dengan kebiasaan merokok, dan kurangnya aktivitas tubuh. Penanganan kolesterol dan trigliserida yang tinggi memerlukan kerja sama antara mengatur pola makan yang baik dan sehat serta olahraga dan obat obatan. Obat kolesterol sebaiknya dikonsumsi terus menerus selama Anda belum bisa mengatur pola makan yang baik dan olahraga yang seimbang. Dan Ya, obat kolesterol aman untuk dikonsumsi jangka panjang selama sesuai dengan anjuran dokter dan pengawasan yang ketat. Lakukan kebiasaan berolahraga yang baik, olahraga yang disarankan adalah olahraga cardio seperti jalanaki, sepeda statis, berenang, jalan cepat dan joging. Hindari olahraga high impak seperti tennis, bulu tangkis, panjat tebing dll. Sementara Pengaturan makanan yang seimbang dan baik untuk penderita kolesterol antara lain adalah :
    1. Hindari makanan berkadar gula tinggi dan berkadar lemak tinggi seperti daging babi, jeroan, seafood, kulit ayam, kuning telur, telur puyuh, santan dan produk santan, kue kering, gorengan, dll.
    2. Hindari makanan instan dan kaleng
    3. Perbanyak buah dan sayuran
    4. Banyak minum air putih
    5. Hindari alkohol
    6. atur makan porsi kecil
    7. Makan cemilan sehat = snack bar,jus buah, buah potong dll.
    Semoga bermanfaat.   dr. Yusi