Tanya Dokter

  • Gimana cara turunin kolesterol?

  •  aguspiu
    Anggota

    Salam kenal smua yg di Alodokter! HEhe saya pertama kali nih posting forum..mao minta saran2 nih dr temen2 sekalian.kemarin sempet cek darah karena maklum sudah berumur.hasilnya nunjukin saya ada kolesterol tinggi.

    apa kiat temen2 sekalian dalam turunin kolesterolnya yah? saya baru mulai olahraga rutin minggu lalu.tiap pagi sempetin lari pagi 30menit disekitar komplex.mohon nasihat dan bagi2 ceritanya ya. terima kasih semua

    aguspiu  mardiakbar
    Anggota

    Salam kenal pak Agus. Saya juga kolesterolnya tinggi. pertama saya ada coba atasi dengan ngubah pola makan saya dan dalam tiga bulan memang terlihat hasilnya. tapi penurunannya masih kurang sehingga akirnya saya dianjurkan dokter untuk minum obat. Namanya statin. jenis yg saya minum itu simvastatin. di apotik banyak dan harganya terjangkau. Mungkin pak Agus bisa tambahkan perubahan pola makan pada kiat olahraganya untuk turunin kolesterol. Kalau sudah dicoba dan tidak berhasil baru beralih ke obat. Smoge sukses pak.  

    aguspiu  aprilia winita
    Anggota

    Halo. Namaku Aprilia. Saya juga kolesterolnya tinggi dan saya minum obat simvastatin. Pertama dosis saya 10mg tp tidak cukup mempan. Skrg sy minum 20mg tiap malam dan allhamdulilah kolesterol saya sudah normal. Saya tapi kurang bisa mengubah pola makan karena sibuk kerja jadi sering makan diluar. Susah jg cari waktu untuk olahraga. Katanya paling penting menjauhi yg santan2 yah dan daging merah yang berlemak. Smoga membantu yah cerita saya.

    aguspiu  Ricoo
    Anggota

    smoga bermanfaat bagi saya koleaterol tinggi trus saya takut masih umur 29thn total kolesterol 236

    aguspiu  Dr. Liyadi
    Anggota

    Hi Cara pertama menurunkan kolesterol adalah dengan mengubah pola makan:

    • kurangi santan
    • kurangi goreng-gorengan dan cemilan yang mengandung banyak minyak seperti kue-kue
    • perbanyak konsumsi serat melalui buah dan sayuran
    • pilih cara masak sehat seperti mengukus atau tumis dengan sedikit minyak dibanding menggoreng makanan
    • kurangi konsumsi daging berlemak, daging merah dan kulit ayam serta bebek
    • kurangi atau hentikan konsumsi jeroan
    • pilih susu rendah lemak dan kurangi produk susu seperti keju
    Selain mengubah pola makan, olahraga secara teratur misalnya berjalan 30 menit sehari juga akan membantu. Jika perubahan pola hidup telah dilakukan secara disiplin, ukur kembali tingkat kolesterol Anda. Jika masih tinggi, ke dokter untuk minta obat penurun kolesterol. Tapi ketika mengonsumsi oabt penurun kolesterol, tetap lakukan kebiasaan pola makan yang sehat karena ini sangat menentukan tingkat kolesterol Anda. Berikut adalah laman yang bisa membantu Anda: kolesterol tinggi makanan penurun kolesterol Dr Liyadi