Tanya Dokter

  • Ciri-ciri kolesterol meningkat

  •  Ari Setyowati
    Anggota
    Dok gmn sih ciri2nya punya penyakit kolestrol?... Trs brp batasan normal penyakit trs?

    Hai Ari. Kolestrol merupakan suatu substansi dalam tubuh dimana tubuh sendiri sesungguhnya dapat menghasilkan kolestrol. Kolestrol ini pada keadaan normal penting terutama dalam menjaga sel-sel tubuh agar tetap sehat termasuk otak. Namun, jika terjadi kadar berlebihan dalam darah terutama akibat intake kolestrol yang tinggi dari luar, hal inilah yang dapat menyebabkan masalah. Hiperkolestrolemia merupakan suatu kondisi dimana adanya kadar kolestrol diatas normal dengan nilai kolestrol total >200mg/dl. Kolestrol ini sendiri juga memiliki komponen lain dimana yang paling terkenal adalah HDL dan LDL dimana LDL yang dikatakan tinggi jika >130 mg/dL. Peningkatan kedua kadar ini terutama LDL merupakan faktor resiko utama dalam terjadinya hipertensi dan penyakit jantung. 

    Kondisi hiperkolestrolemia ini tidak menunjukkan gejala sehingga biasanya ketika mencapai komplikasi atau melakukan pemeriksaan darah rutin baru diketahui. 

    Konsultasikan dengan dokter mengenai kondisi yang anda alami untuk penanganan dan informasi lebih lanjut. Pemeriksaan darah merupakan pemeriksaan utama untuk memastikan kondisi ini. Pengobatan sendiri dapat membantu seperti pada golongan statin yakni contohnya simvastatin. Dosis sendiri tergantung dokter, kondisi klinis anda dan kadar dari kolestrol tersebut. Hal yang dapat dilakukan adalah 

    1. Olahraga teratur 

    2. Kelola stres 

    3. Batasi asupan makanan berlemak seperti kuning telur, lemak daging, minyak kelapa, gorengan

    4. Istirahat cukup

    Berikut mengenai hiperkolestrolemia. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa