Tanya Dokter

  • pengobatan pada penderita kolesterol tinggi

  •  Aaron Saleh
    Anggota

    Selamat pagi doktor. Saya berumur 18 tahun dan telah menjalani ujian darah untuk mengetahui tahap kolestrol saya dan doktor mendapati tahap kolestrol saya agak tinggi 5.37. Doktor telah memberi tempoh 3 bulan untuk mengurangkan tahap kolestrol tersebut dan menjalani pemeriksaan semuala selepas itu. Sekiranya tahap kolestrol belum turun ke tahap normal. Doktor menyarankan kepada saya pengambilan ubat penurun kolestrol. Apakah tindakan yang perlu saya ambil untuk menurunkan tahap kolestrol tersebut selama tempoh 3 bulan ini. Terima kasih.

    Halo Kolesterol yang tinggi (LDL > 130mg/dl, trigliserida > 200 mg/dl, kolesterol total > 200 mg/dL) pada individu dengan usia kecil dari 20 tahun dicurigai disebabkan oleh genetik (keturunan). Faktor resiko genetik ini tidak bisa dihilangkan, namun dapat dicegah dengan gaya hidup yang sehat. Pada indikasi tertentu berdasarkan pemeriksaan lansung oleh dokter + pemeriksaan laboratorium mungkin saja terapi yang tepat saat ini masih dengan memperbaiki pola hidup, belum memerlukan obat penurun kolesterol. Pola hidup sehat yang dianjurkan untuk orang dengan kolesterol tinggi antara lain:

    • Diet rendah lemak
    • Hindari makanan-makanan tertentu seperti makanan yang dibakar, yang terlalu berminyak atau makanan cepat saji.
    • Perbanyak konsumsi sayur dan buah
    • Perbanyak minum air putih, minimal 8 gelas per hari
    • Stop merokok dan alkohol
    • Olahraga aerobik seperti joging, sepeda, atau berenang. Olahraga ini dianjurkan dilakukan secara bervariasi 5x/minggu minimal selama 30 menit tiap kalinya.
    • Istirahat cukup
    Orang-orang dengan kolesterol tinggi beresiko menderita penyakit lain seperti hipertensi, penyakit jantung, dan diabetes. Dengan pengelolaan gaya hidup yang benar maka penyakit-penyakit tersebut dapat dicegah. Namun apabila dengan gaya hidup sehat ternyata tidak mampu mengendalikan kadar kolesterol dalam darah barulah dokter meresepkan obat-obat penurun kolesterol yang sesuai. Konsultasikan lebih lanjut mengenai hal ini dengan dokter sepesialis penyakit dalam (internist) Artikel berikut ini berkaitan dengan topik Anda Kolesterol tinggi Semoga bermanfaat dr. Muhammad Fadhil