Tanya Dokter

  • Komplikasi dan tips diet untuk yang sakit lambung akut

  •  Win Pitanuki
    Anggota

    Salam kenal dok... Saya mau nanya... tahun 2006 saya jatuh sakit... saya menderita lambung akut... typus... malaria vivaks... anemia... hepatitis A. Selama hampir 1 bulan lebih saya masuk keluar rumah sakit... masih sering kelelahan hebat ketika keluar kota sehingga sering diguyur infus... pada tahun 2007 pun saya terkena malaria valsifarum ( maaf jika slh menulis istilah kedoktern). pasca sakit... saya sulit mengontrol pola makan... entah apa yg terjadi nafsu makan saya bertambah... sebelum sakit berat badan saya 59 kg... setelah sakit mengalami penurunan dalam sebulan menjadi 49 kg... nahh setelah berselang 8 tahun berat badan saya menjadi 95 kg... bulan april 2015 kemarin saya masuk rumah sakit karena tensi darah tiba2 naik mnjadi 150/90 dg umur 27 tahun dan gejala stroke ringan karena saat saya emosi beberapa bagian tubuh saya kdg terasa kaku... dada kanan dan kiri saya pun sering sakit jika capek... saya pun sering masuk angin dan lambung masih terasa perih jika terlambat makan sedikit . Pertanyaan: Sebenarnya saya sakit apa dok... apakah dok mempunyai saran utk diet bagi yg sakit lambung... krn saat mengurangi porsi makan... lambung saya kdg terasa perih...terimakasih.

    Halo Win,     Pada dasarnya untuk menurunkan berat badan bisa dilakukan bahkan dengan keluhan sakit maag akut, namun memang Anda harus lebih memperhatikan banyak hal dibandingkan dengan orang tanpa gangguan lambung. Yang pertama harus Anda lakukan adalah melakukan penanganan yang tepat untuk sakit lambung Anda. Periksa dan kontrol ke dokter untuk mengatasi gangguan lambung Anda agar proses penurunan berat badan bisa dilakukan dengan optimal. Kunci dalam menurunkan berat badan adalah dengan mengatur jumlah kalori yang masuk (makanan, minuman dll) dan mengeluarkan lebih banyak energi agar kalori yang masuk tidak terbentuk menjadi lemak yang akhirnya menambah berat badan Anda. Beberapa langkah yang bisa Anda lakukan adalah :

    1. Buatlah jadwal makan porsi kecil namun sering. Ini berarti Anda mengurangi porsi makan Anda sedikit namun makan lebih cepat daripada sebelumnya, Anda bisa membagi jadwal makan setiap 3 jam dengan aturan 3 kali makan besar (nasi-lauk dan pauk) dan 3 kali makan kecil (snack/ cemilan sehat).
    2. Berolahraga = olahraga akan menjadi kunci yang penting untuk Anda menurunkan berat badan tanpa mengurangi asupan makan secara ekstrem yang bisa memperburuk kondisi lambung Anda. Lakukan olahraga ringan terlebih dahulu, Ingat kesabaran adalah kunci untuk mendapatkan berat badan ideal, jangan mengharap hasil instan dalam sekejap mata.
    3. Banyak minum air putih, hindari kopi, teh, soda, alkohol, sirup dll.
    4. Hindari makanan berkadar gula tinggi = cookies, coklat, roti dll.
    5. Perbanyak sayuran dan buah. Sayuran dan buah akan berada lebih lama di lambung sehingga kana membuat perut lebih kenyang. Jika terasa perut perih cobalah memakan buah buahan daripada langsung menyantap nasi dan lauk.
    6. Hindari makan 2 jam sebelum tidur.
    7. Hindari berbaring setelah makan.
    8. Kelola stress.
    9. Makan cemilan sehat dengan kalori rendah = buah, snackbar, salad, dll.
    10. Kurangi produk susu berkadar lemak tinggi.
    11. Hindari makanan yang berkadar lemak tinggi = jeroan, seafood, daging berlemak, santan, kulit, dll.
    12. Minum air sebelum makan, hal ini dipercaya bisa meningkatkan metabolisme tubuh untuk mencerna makanan yang dikonsumsi.
    13. Hindari menggunakan obat obatan penurun berat badan tanpa resep dokter.
    Kelebihan berat badan yang Anda alami (95 kg) bisa menjadi penyebab gangguan kesehatan Anda sekarang. Karena dengan kegemukan maka penyakit seperti hipertensi , kolesterol tinggi, diabetes dan penyakit metabolik lain rentan terjadi. Ubah pola hidup dan pola makan Anda. Yakinkan bahwa Anda bisa kembali sehat dengan cara dan aturan yang tepat tanpa memberikan penyakit lain pada tubuh Anda. Dan bersabarlah, penurunan berat badan yang sehat terjadi sebanyak 0,5 kg setiap minggunya. Jangan mengusahakan penurunan berat terlalu cepat yang justru akan membebani tubuh Anda. Lakukan olahraga dan diet sehat secara konsisten dan kontinu untuk hasil optimal. Jangan cepat bosan dan terus motivasi diri Anda, minta ajakan teman, saudara atau ayah/ ibu untuk mendukung proses penurunan berat badan Anda. Baca artikel terkait :
    1. Diet sehat atau diet cepat
    2. Kalori
    3. Menurunkan berat badan.
    4. Maag
    5. Tips mencegah sakit maag
    Semoga bermanfaat.   dr. Yusi