Tanya Dokter

  • Komplikasi jantung, diabet, gagal ginjal, darah tinggi dan kolesterol

  • Pagi dok, saya punya ayah yang berumur 68 tahun dan divonis dokter menderita komplikasi gagal ginjal, pembengkakan jantung, diabet, darah tinggi, kolesterol tinggi, dan dokter menganjurkan untuk cuci darah karena semua tinggi termasuk kreatin 7, 24. Saya bingung dengan makanan yang boleh dikonsumsi dan aman bagi bapak saya, tolong ya dok, buatkan saya daftar menu yang aman dikonsumsi bapak saya, terima kasih

    Hai,   Dengan sekian banyak komplikasi akibat penyakit sistemik yang diderita ibu Anda memang pengaturan pola makan akan menjadi tantangan tersendiri untuk keluarga dan terutama untuk pasien. Karena ibu Anda disarankan untuk melakukan cuci darah maka diet yang lebih diutamakan adalah diet gagal ginjal dan diet diabetes. Untuk mengatur menu diet ibu Anda sebaiknya Anda menghubungi ahli gizi / dokter gizi yang akan lebih paham mengenai kondisi ibu Anda dan mengatur menu terbaik bagi ibu Anda. Dalam pengaturan menu seseorang dibutuhkan data mengenai tinggi badan, berat badan yang akan berfungsi untuk melihat seberapa banyak kebutuhan kalori yang dibutuhkan oleh seseorang kemudian aktivitas sehari hari, adakah status infeksi , penyakit sistemik yang diderita, jenis kelamin, basal metabolisme dll. Baca topik terkait Diabetes dan Terapi gagal ginjal Pada prinsipnya yang harus Anda lakukan antara lain adalah :

    1. Mengatur pola makan, biasakan makan dengan jadwal teratur setiap harinya. Pada DM Anda bisa mengatur makan menjadi 3 kali makan besar ( terdiri dari nasi/ pengganti nasi, lauk dan pauk ) serta 3 kali makan kecil ( bukan nasi = snack, buah, cemilan sehat dll)
    2. Mengurangi kadar gula / makanan berkadar gula tinggi seperti sirup, softdrink, makanan olahan tepung, kuning telur dll
    3. Mengurangi makanan berkadar lemak tinggi seperti jeroan, makanan gorengan, seafood, kulit ayam, produk bersantan, daging dengan lemak.
    4. Makan porsi kecil tapi sering.
    5. Diet rendah protein, rendah garam.
    6. Tidak merokok
    7. Tidak minum alkohol
    8. Berolahraga ringan sesuai kemampuan dan teratur.
    9. Istirahat cukup
    10. Memperhatikan asupan cairan yang masuk.
    Anda bisa membaca bahasan mengenai diet gagal ginjal dan diet diabetes. Semoga membantu.   dr. Yusi