Tanya Dokter

  • Belum hamil semenjak sudah tidak menggunakan kb

  •  Ririn Rahayu
    Anggota

    Halo dok. Saya mau tanya begini dok apa menggunakan KB sebelum pernah hamil sama sekali membahayakan kesuburan kandungan dok? Pasalnya begini dok saya sempat KB suntik selama 9 bulan 1x suntik 3 bulan dan yang 6x suntik tiap bulan. Setelah saya berhenti KB Sudah kira2 sekitar 7 bulan lebih saya belum hamil juga dok, mohon infonya dok. Wassalam

    Hai, Efek suntik KB memang akan menyebabkan ketidakteraturan haid hingga beberapa bulan setelah tidak disuntik (rerata sekitar 2-3 bulan). Ketidakteraturan haid berarti masih adanya efek hormon KB dalam tubuh, yang menyebabkan gangguan ovulasi (proses pelepasan sel telur). Tanpa sel telur, kehamilan tak bisa terjadi. Melihat bahwa sudah 7 bulan lamanya tidak kunjung hamil, kemungkinan faktor suntik KB bukan menjadi alasan. Mungkin terdapat faktor lain selain suntik KB yang membuat sulit hamil, seperti:

    Untuk lebih jelasnya, sebaiknya Anda dan pasangan Anda mengunjungi klinik kesuburan untuk diperiksa lebih lanjut oleh Dokter. Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan USG dan HSG (sejenis foto Roentgen khusus untuk melihat organ kandungan) pada sisi wanita dan pemeriksaan analisa sperma pada sisi pria. (baca juga mengenai tes kesuburan) Berikut tips untuk Anda:
    • Pelajari masa subur Anda
    • Lakukan hubungan seks pada masa subur
    • Persering frekuensi hubungan seks, idealnya sekitar 3-4x per minggu
    • Hindari merokok baik pada diri Anda maupun pasangan Anda
    Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma