Tanya Dokter

  • kondisi kepala pasien penyakit hidrosefalus

  •  Vira Desita A
    Anggota

    pagi dokter, saya pelajar SMA. berkaitan dengan tugas yang diberikan oleh guru biologi saya, saya ingin mengajukan pertanyaan dok. kondisi kepala pasien penderita hidrosefalus setelah semua cairan di dalam otak dikeluarkan bagaimana dok? apakah ukurannya dapat kembali normal atau tidak? apakah seiring berjalannya waktu dapat menyusut sendiri? bagaimana jika melalui operasi?

    saya tunggu jawabanya dok, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih ...

    Hai, Hidrosefalus adalah suatu kondisi dimana terjadi penumpukan cairan serebrospinal dalam ruang-ruang ventrikel di otak. Hidrosefalus dapat terjadi pada orang dari berbagai usia, namun paling sering adalah pada bayi dan lansia. Pada bayi, tulang-tulang tengkorak masih belum menutup sempurna, secara anatomis masih terdapat ruang kosong yang terbuka diantara tulang-tulang tengkorak. Hal ini menyebabkan pada penderita hidrosefalus yang masih bayi, kepala akan membesar seiring dengan penumpukan cairan yang terjadi. Sedangkan pada orang dewasa dimana tulang-tulang tengkorak telah terbentuk secara sempurna dan rapat, ukuran kepala tidak akan membesar. Maka jika terjadi hidrosefalus, tekanan di dalam rongga kepala (intrakranial) akan meningkat akibat isi dari rongga kepala yang meningkat tanpa disertai peningkatan ruang. Kondisi ini menimbulkan gejala-gejala yang menandai tingginya tekanan intrakranial. Penanganan pasien hidrosefalus pada umumnya dilakukan dengan 2 cara :

    1. pemasangan shunt - pada operasi ini, sebuah saluran penghubung (shunt) dipasang antara rongga ventrikel di otak yang mengandung cairan berlebih untuk dialirkan ke bagian tubuh lain, paling umumnya adalah rongga lapisan perut.
    2. endoscopic thid ventriculostomy (ETV) - lubang penyerapan baru diciptakan di permukaan otak.
    Setelah dilakukan prosedur 'pembuangan' cairan yang berlebih tersebut, pada bayi dimana rongga-rongga antara tulang tengkorak masih terbuka, diharapkan ukuran kepala akan mulai mengecil, rongga antara tulang tengkorak akan mulai mendekat kembali, bahkan merapat seiring bertambahnya usia dan nantinya ukuran kepala akan menjadi proporsional dengan tubuh seiring dengan bertumbuhnya ukuran tubuh dari bayi sesuai pertambahan usia. Untuk membaca lebih lanjut Anda dapat membuka artikel ini : hidrosefalus   Semoga membantu, dr. Dian Paramitasari