Tanya Dokter

  • konka hidung membesar

  • Halo Dok, Beberapa bulan lalu sy mengalami nyeri kepala yg luar biasa. Sy sudah ke dr. Syaraf, Sp. Dan beliau menyarankan untuk MRI, sy melalakukan Mri dan hasilnya tidak ada kelainan apapun di kepala sy. Ini adalah opsi terakhir yg sebelum itu sy sudah konsultasi dg beberapa dr. Spesialis penyakit dalam dan THT. Dan kata dr. THT sy menemukan bahwa konka hidung kanan sy membesar. Tp belum tau penyebabnya. Lalu Beliau menyarankan untuk operasi pengecilan. Yg sy ingin tanyakan: 1. Apakah pembesaran konka hidung menyebabkan nyeri kepala yg berdenyut luar biasa sakit dan menjalar sampai ke mata yg rasanya mau copot dan penglihatan agak berkurang? 2. Apa yg menjadi penyebab konka membesar? 3. Apakah berbahaya jika dibiarkan tanpa pengecilan konka? Informasi dokter akan sangat membantu untuk saya. Terima kasih.

    Dian Elianah Tan  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Dian,

    1. Konka adalah bagian dari hidung yang berfungsi menimbulkan turbulensi udara di hidung sehingga proses penyesuaian suhu dan penyaringan udara dalam hidung berjalan lebih optimal. Konka yang membesar , jika cukup besar tentunya , dapat menyebabkan penyumbatan pada hidung / hidung tersumbat. Kondisi ini sendiri (pembesaran konka) biasanya tidak menimbulkan nyeri kepala, tetapi pembesaran konka dapat menimbulkan komplikasi, salah satunya sinusitis (karena pembesaran konka menyumbat saluran drainase sinus ke rongga hidung). Komplikasi pembesaran konka seperti sinusitis inilah yang dapat menyebabkan sakit kepala.
    2. Pembesaran konka disebabkan oleh multifaktor, tetapi yang paling sering adalah rhinitis alergika (alergi hidung), obat-obatan tertentu, perubahan hormonal, KB, pencetus non spesifik (vasomotor) seperti : asap, debu, udara dingin, dsb
    3. Pengecilan konka dapat dilakukan baik dengan obat maupun operasi. Operasi biasanya dilakukan pada pasien yang gagal / diketahui tidak akan baik responnya dengan pengobatan non-operasi. Tindakan ini biasanya cukup aman dan tidak membutuhkan perawatan yang lama, pasien biasanya dapat pulang setelah 1 hari perawatan / kurang jika tidak ada komplikasi. Teknik yang digunakan dapat berupa reseksi turbinasi/konka, bedah beku, ablasi termal, ablasi radiofrekuensi, dan dengan mikrodebrider.
    sakit kepala 8 jenis sakit kepala terus menerus demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

    Alo dok saya sudah 3x oprasi pertama di korter konka 5bln kambuh lagi 2014 dan 2015 op septum deviasi dan hasilnya mengecewakan serta penyakit tidak juga sembuh,2016 sy op lagi dgn teknik radiofrequensi 3 bln kemudian kambuh lagi sampai sekarang jd trauma op di indo bnyk dkter yg asal op saja tapi hasilnya nihil apa ada solusinya dok oh iy sy jg asma. Kl ada dokter yg bisa direkomend boleh infokan ke sy thx dok