Tanya Dokter

  • Bagaimana cara menangani BAB keras pada anak?

  • malam dok, anak saya sekarang usia 7  bulan dan sudah mulai MPasi. awalnya 3 hari tidak BAB dan 1 minggu ini setiap BAB pasti nangis karna keras. anak saya biasa makan bubur saring, kadang nasi yang ikut direbus sama sayuran kemudian diblender. apa itu penyebabnya?

    obat apa ya dok yang boleh untuk bayi usia 7 bulan agar tidak kesakitan saat BAB. saya sudah suapin pepaya, tapi masih tetap keras. dan baru saya coba obat alami lain seperti apel yang direndam di air panas (air apel yang nanti diminumkan untuk bayi) dan masih saja tetap menangis kalo BAB.

    ataukah dari saya yang harus mengubah pola makan, karna anak saya masih asi dan tidak minum susu formula. mohon tipsnya, terima kasih.

    kok gak dijawab yaaa

    Halo,   Konstipasi pada anak (bayi) bisa diakibatkan karena :

    1. Perubahan pola makan dari bubur ke makanan padat.
    2. Penggunaan susu formula.
    3. Dehidrasi.
    4. Penyakit medis tertentu seperti  hischprung, alergi makanan, gangguan tiroid dll.
    Penanganan konstipasi pada bayi Anda yang baru memulai mencoba makanan padat ini bisa dengan melakukan :
    1. Mencoba memperkenalkan makanan padat sedikit demi sedikit. Tetap berikan bubur saring dan makanan padat bergantian sampai kondisi usus bayi membaik dan BAB tidak menjadi keras lagi.
    2. Banyak konsumsi air putih.
    3. Perbanyak buah dan serat dalam menu makanan seperti buah naga, pepaya, pisang dll.
    4. Tetap berikan susu ASI.
    5. Jika masih mengalami keluhan dokter bisa menyarankan pemberian gliserin suppositoria pada bayi Anda pada saat mengalami konstipasi, namun penggunaannya diberikan hanya pada saat tertentu saja (tidak rutin).
    6. Berikan aktivitas ringan dengan cara membaringkan bayi Anda dan menggerakkan kakinya dengan cara menekuk lutut ke arah perut sebanyak 8-10 kali (dalam 1 set) dan lakukan 2-3 set dalam sehari.
    7. Pijat lembut perut bayi pada jarak 3 jari diatas pubis (tulang kemaluan) dengan gerakan memutar.
    Jika gejala konstipasi masih terjadi maka segera hubungi dokter anak Anda untuk melakukan pemeriksaan lanjutan. Jika terdapat keluhan bayi susah makan, penurunan berat badan serta adanya darah pada tinja maka segera hubungi dokter. Baca topik Konstipasi pada anak. Semoga membantu.   dr. Yusi