Tanya Dokter

  • Payudara sakit seperti ditusuk jarum

  •  Dhiyanita
    Anggota
    Selamat malam dok Saya mengeluh sakit sperti d tusuk jarum d bagian payudara tapi rasanya kadang kadang. Itu kenala ya dok ? Mmh saya punya riwayat kanker payudara, apakah itu keturunan ??

    Hai Dhiyanita.. Terimakasih untuk pertanyaan yang diberikan.

    Mastalgia merupakan rasa nyeri yang berasal dari payudara atau jaringan disekitarnya. Biasanya terjadi pada wanita usia 20-30 tahun. Rasa nyeri yang dirasakan ialah rasa menusuk, panas, dan dada terasa sesak. Rasa sakit pada payudara umumnya terjadi sebelum menstruasi dan akan membaik setelah menstruasi. Beberapa penyebab dari nyeri payudara, yaitu: ukuran payudara yang besar, ketidakseimbangan asam lemak, adanya cedera pada otot atau tulang disekitar payudara, atau bisa juga disebabkan karena adanya infeksi (mastitis, abses) atau adanya benjolan (tumor, kista (kantong berisi cairan)) pada payudara.

    Sedangkan bila anda mencurigai adanya kanker payudara, maka keluhan yang muncul bukan hanya adanya nyeri, umumnya diawali dengan adanya benjolan di payudara, adanya perubahan kulit payudara, adanya tarikan pada puting, benjolan dapat berlanjut menjadi luka/ bernanah, dan dapat diikuti benjolan diketiak. Adanya riwayat keluarga dekat dengan kanker payudara meningkatkan resiko terjadinya kanker/ tumor, tetapi hal ini juga dipengaruhi oleh gaya hidup anda tidak hanya disebabkan faktor keturunan.

    Beberapa hal yang dapat anda lakukan:

    • Gunakan bra yang sesuai ukuran
    • Kompres hangat atau dingin untuk mengurangi nyeri
    • Hindari makan makanan yang dibakar untuk menghindari bahan karsinogenik yang dapat memicu kanker
    • Olahraga yang teratur
    • Bila rasa nyeri tidak berkurang anda dapat mengkonsumsi paracetamol sesuai dosis yang tertera untuk mengurangi nyeri
    • Rutin lakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI)

    Bila keluhan tak berkurang, nyeri semakin bertambah, anda merasa sesak jika bernafas, disertai adanya benjolan maka periksakan diri anda ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan dapat dilakukan USG payudara sehingga dapat dilihat penyebabnya. Selain itu juga mungkin saja nyeri  yang anda rasakan pada daerah payudara bukan disebabkan karena gangguan di payudara, tetapi adanya kenaikan asam lambung atau ada gangguan di jantung atau paru- paru.

    Baca: nyeri payudara

    Semoga bermanfaat

    dr. Iriyanti