Tanya Dokter

  • tensi darah untuk gejala hiv

  • Selamat pagi dok.. Saya mau bertanya.. 1. Kira-kira tensi darah untuk gejala hiv itu berapa ya dok ??

    2. Dan kalau berat badan turun itu apa bisa gemuk kembali ??

    Hai, Gejala-gejala yang umumnya dialami oleh orang yang terinfeksi oleh virus HIV terbagi ke dalam 3 tahap secara garis besar, yaitu :

    1. tahap pertama - tahap yang muncul paling awal setelah terinfeksi, muncul gejala-gejala yang menyerupai gejala flu seperti demam dan sakit tenggorokan yang terjadi berkepanjangan
    2. tahap kedua - setelah melewati tahap pertama maka penderita HIV tidak akan mengalami gejala apapun selama bertahun-tahun
    3. tahap ketiga - gejala HIV tahap akhir yang parah mulai muncul, seperti diare parah berkelanjutan, berat badan turun drastis, pembengkakan kelenjar getah bening, demam berkepanjangan, dan lainnya.
    Tidak ada ukuran tekanan darah / tensi yang khas pada ketiga tahapan gejala tersebut. Penderita HIV dapat memiliki tekanan darah yang tergolong tinggi hingga rendah, tergantung gejala yang dialaminya. Untuk membaca lebih lengkap mengenai HIV dan gejalanya Anda dapat membuka halaman ini : gejala HIV. Sementara itu, berat badan yang turun dapat diakibatkan oleh berbagai sebab, diantaranya :
    • kurangnya asupan nutrisi
    • penyakit seperti hipertiroid, celiac disease, dan lainnya
    • gangguan makan, seperti anoreksia nervosa
    • dan lainnya
    Sebaiknya temui dokter secara langsung untuk melakukan pemeriksaan agar penyebab dari turunnya berat badan dapat diketahui secara pasti. Namun, berikut ada beberapa cara yang dapat Anda coba di rumah untuk membantu meningkatkan berat badan :
    1. konsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi
    2. tambah freknuensi makan dengan cemilan sebagai selingan
    3. minum saat makan atau 30 menit setelah makan
    4. banyak berolahraga
    5. istirahat yang cukup
      Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.