Tanya Dokter

  • Anak seperti pingsan dan tubuhnya melemah akibat benturan di kepala bagian belakang

  • Met siang dok. Dok saya mau tanya, sekarang anak saya berumur 3 tahun, mengapa pada saat bagian belakang kepala anak saya terbentur hingga bibirnya pucat, tbuhnya kok seperti orang pingsan, tubuhnya melemah bahkan dia tidak menangis sama sekali. kejadian pertamanya sejak dia berumur 10 bulan. saya takut terjadi apa-apa sama anak saya. dan bagaimana cara mengatasinya.

    Halo,   Benturan kepala yang keras bisa menimbulkan masalah mulai dari keluhan ringan sampai berat. Benturan pada kepala perlu diperiksakan secara seksama dan sesegera mungkin untuk menghindari komplikasi yang bisa merugikan. Kemungkinan akibat benturan pada kepala bisa menimbulkan keluhan antara lain adalah :

    1. Hematoma kulit kepala ( benjol ).
    2. Vertigo.
    3. Rasa nyeri pada kepala.
    4. Gegar otak ringan sampai berat.
    5. Perdarahan otak.
    6. Pecahnya aneurisma.
    7. Kehilangan  penglihatan yang bisa temporer (sesaat) atau permanen.
    8. dll.
    Saat bayi terjatuh normalnya bayi akan menangis karena kesakitan, namun ada juga yang tidak menangis karena terjadi penurunan kesadaran sesaat setelah jatuh. Jika bayi menjadi lemas disertai penurunan kesadaran maka bisa jadi ini merupakan gejala gegar otak akibat perdarahan pada otak. Segera hubungi dokter anak Anda jika terdapat  keluhan seperti di bawah ini setelah kepala terbentur :
    1. Demam tinggi
    2. Mual -muntah
    3. Penurunan kesadaran- anak susah dibangunkan.
    4. Kaku pada leher.
    5. Gangguan pernafasan.
    6. Badan anak menjadi lemas
    Untuk pemastian apakah benturan kepala yang menyebabkan keluhan pada anak Anda atau keluhan anak Anda yang akhirnya menyebabkan kepala anak Anda terbentur maka pemeriksan secara seksama perlu dilakukan. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan melakukan tes medis terkait seperti MRI, CT SCAN, EMG dll untuk menentukan mana penyebab dan mana akibat. Penanganan akan disesuaikan dengan kondisi penyebab keluhan pada anak Anda. Saran terbaik kami saat ini adalah segera periksakan anak Anda ke dokter anak terdekat, sampaikan keluhan Anda secara mendetil dan ikuti anjuran dokter. Hindari kepala anak Anda terbentur kembali dengan melakukan perlindungan dan pengawasan ekstra kepada anak Anda, buat kamar dan tempat tidur anak Anda dengan perlindungan ganda untuk menghindari anak Anda terjatuh dan terbentur. Baca artikel terkait keluhan Anda :
    1. Kriteria kamar aman untuk bayi
    2. Mendeteksi penyakit serius pada bayi
    Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    Halo, Baca juga artikel tambahan berikut ini :

    1. Resiko di balik cedera kepala.
    2. Anatomi otak
    Semoga bermanfaat. dr. Yusi