Tanya Dokter

  • Obat untuk gangguan mental

  •  listia
    Anggota

    Selamat malam, Dok... Saya Dewi umur 20 tahun. 2 minggu yang lalu saya konsultasi ke psikiater untuk pertama kalinya. Saya menjelaskan keluhan saya seperti saya sering nyeri kepala saat sedang stres berat. Dokternya menanyakan apakah saya cemas dan sulit tidur? Saya bilang saya tidak cemas, tidur pun baik. Tapi, setiap kali saya stres atau depresi saya melakukan hal-hal yang tergolong self-harm (saya pun menunjukkan luka-luka yang saya miliki). Lalu, beliau bertanya apakah saya pengguna narkoba. Saya jawab saya tidak pernah sekalipun menggunakannya. Lalu dia bertanya lagi, apakah saya sering mendengar suara yang orang lain tidak dengar? Saya jawab iya. Tapi bukan suara yang berbisik hal-hal buruk. Bahkan suara2 yang berbicara dikepala saya memiliki nama, cara berpikirnya pun berbeda dengan saya. Tapi saya tidak menjelaskan hal tsb pada sang dokter karena saya pikir hal itu hal yang normal sebagaimana manusia berinteraksi dengan dirinya sendiri. Saya juga tidak memiliki masalah dengan berinteraksi dengan orang lain, bahkan orang lain mengenal saya sebagai pribadi yang ceria, namun saya selalu berubah tiap kali saya tiba dirumah. Orang rumah saya bilang saya adalah pribadi yang dingin dan sedikit kejam pola pikirnya. Saya tidak tahu kenapa saya seolah harus mengubah pribadi saya kalau didepan orang lain, sedangkan saat dengan keluarga saya merasa menjadi diri saya sendiri. Yang saya bingung, psikiater tsb tidak bertanya latar belakang kehidupan saya (bahwa saya korban bully selama bertahun-tahun, dan saksi pertengkaran orang tua diumur 8 tahun). Psikiater tsb tidak menjelaskan apa yang terjadi pada saya. Hanya memberi resep obat yaitu merlopam 2mg, cymbalta 60mg, clobazam 10mg, risperidone 2mg, hexymer 2mg. Sampai saat ini obat tsb belum saya minum karena takut akan efek samping dan ketergantungan. Karena sang dokter juga memerintahkan saya, sembuh atau tidak sembuh saya harus kembali periksa. Apa yang harus saya lakukan ya, Dok? Menurut dokter saya mengidap penyakit apa? Saya mohon sekali bantuannya dok agar saya dapat mengambil keputusan apakah harus meminum obat dan kembali ke psikiater tsb atau tidak. Terima kasih. Selamat malam..

    Halo,   Permasalahan kesehatan mental tidak bisa didiagnosa hanya berdasarkan pengamatan sesaat dan terlebih berdasarkan konsultasi semata, dibutuhkan pengamatan secara menyeluruh dan kepercayaan yang baik antara pasien dan pemeriksa mengenai kondisi kesehatan Anda. Jika Anda tidak mengatakan kepada psikiater Anda secara jujur dan menyeluruh mengenai kondisi Anda maka akan sulit bagi pemeriksa menetapkan diagnosa dari semua keluhan Anda dan tentunya akna berikbas menjadi sulitnya menerapi Anda. Saran kami kunjungi kembali psikiater Anda, katakan mengenai apa yang Anda rasakan dan sampaikan secara lengkap dan menyeluruh. Seorang psikiater yang baik akan mendengarkan dan bisa mengambil kesimpulan kecil mengenai kondisi Anda berdasarkan cerita Anda. Permasalahan mental yang Anda alami bisa disebabkan karena :

    1. Gangguan kepribadian
    2. Skizofrenia
    3. Kepribadian ambang
    4. Kepribadian ganda (multiple personality disorder)
    5. dll.
    Minum obat sesuai anjuran psikiater Anda, olahraga, meditasi, untuk membantu kesehatan mental Anda. Semoga bermanfaat dan salam jiwa sehat.   dr. Yusi  

    listia  listia
    Anggota

    Dear dr. Yusi, Terima kasih atas jawaban dan sarannya, sangat membantu untuk saya :)