Tanya Dokter

  • Wajah berjerawat, kusam, dan kaitan dengan obat-obatan

  •  Kartika Rahmi
    Anggota
    Dok, saya mau tanya. Dulu sebelum saya masuk rumah sakit wajah saya putih mulus, tetapi setelah dirawat di rumah sakit kurang lebih dua bulan wajah saya malah jerawatan, kusam dan susah mulus kembali. Apa mungkin obat-obatan dari rumah sakit masih memiliki pengaruh terhadap tubuh sehingga menyebabkan munculnya jerawat? Terima kasih...

    Hai Kartika.. Terimakasih untuk pertanyaan yang diberikan.

    Jerawat merupakan keluhan yang umum terjadi pada usia remaja hingga dewasa muda. Jerawat dapat terjadi pada wajah, punggung, telinga, dada. Penyebab dari munculnya jerawat paling banyak disebabkan karena adanya faktor hormonal, dan kelenjar minyak yang ada dekat dengan folikel rambut di kulit meningkat kerjanya sehingga terjadi penumpukan minyak yang akhirnya bergabung dengan kotoran dan menyumbat pori pori. Hal ini menyebabkan munculnya jerawat. 

    Selain itu munculnya jerawat juga dapat disebabkan karena konsumsi obat- obat tertentu, seperti: kortikosteroid, anti kejang, lithium (obat gangguan bipolar), atau hormon anti-aging. Bila anda mengkonsumsi obat- obat ini mungkin saja dapat terjadi erupsi jerawat. Sayang sekali kurang dijelaskan penyebab anda dirawat dirumah sakit. Selain itu jerawat juga dapat disebabkan: iritasi bedak/ lotion/ kosmetik yang anda gunakan, stres emosional, kurang bersihnya air yang anda gunakan, wajah tidak rutin dibersihkan, dan ada faktor keturunan dalam keluarga. 

    Bila jerawat dan kusam pada wajah tak berkurang, semakin banyak dan mengenai bagian tubuh lain selain wajah, atau bernanah maka baiknya anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit, dokter akan melakukan pemeriksaan secara langsung dan dapat mengusulkan terapi yang dibutuhkan. 

    Beberapa hal yang perlu anda perhatikan ialah:

    • Jangan memencet atau menggaruk jerawat
    • bersihkan wajah secara rutin terutama setelah memakai kosmetik atau terpapar debu dan asap
    • Jangan beli obat jerawat sembarangan tanpa saran dokter 
    • Cuci tangan sebelum memegang wajah

    baca juga: 7 keadaan jerawat betah diwajah

    Semoga bermanfaat

    dr. Iriyanti