Tanya Dokter

  • pengobatan untuk penyakit sifilis

  • dok mohon info obat untuk spilis yang ampuh.. terima kasih

    Hai Eka, Sifilis merupakan salah satu penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh bakteri bernama Treponema pallidum. Penyakit ini sangat sering menular melalui hubungan seksual dengan orang yang menderita sifilis, namun bisa juga menular melalui kontak darah dengan penderita. Keluhan penderita yang terinfeksi bakteri ini umumnya muncul setelah sekitar 1 bulan terpapar. Sifilis dapat dibagi menjadi 3 tahap, yaitu:

    • Sifilis primer yang ditandai dengan adanya luka pada daerah kemaluan, umumnya di bagian ‘kepala’ penis, berupa luka  yang ‘tampak bersih’, tidak bernanah, tepi keras, tidak nyeri, tidak gatal. Selain luka di daerah kelamin, bisa juga muncul luka serupa di derah mulut bila penderita kontak seksual secara ‘sex oral’.  Umumnya luka ini tidak diobati secara tuntas karena penderita tidak mengeluhkan nyeri atau apapun, dan luka ini dapat menghilang dengan sendirinya setelah sekitar 1 bulan. Penderita sering mengira luka ini ‘sembuh’ padahal sebenarnya bakteri masih beredar dalam darah dan menyebabkan infeksi yang semakin luas.
    • Sifilis sekunder yang terjadi karena seifilis primer yang tidak diobati. Sifilis sekunder ini bisa menimbulkan gejala yang tidak khas, disebut juga ‘the great imitator’, keluhannya bisa berupa lemas di seluruh badan, muncul bercak kemerahan di telapak tangan dan kaki, demam, nyeri tenggorokan, atau yang lain. Tidak ada gejala khas dari sifilis sekunder selain bercak kemerahan di telapak tangan dan kaki tersebut. Setelah sekitar 1 bulan, sifilis sekunder kemudian akan berkembang menjadi sifilis tersier atau tahap infeksi yang lebih berat.
    • Sifilis tersier berarti infeksi sudah menyebar lebih dalam, mengenai saraf, jantung, mata, otak, dan lain lain. Pada tahap ini infeksi sulit diatasi dan umumnya berakibat fatal. Diantara sifilis sekunder dan tersier, beberapa penderita bisa mengalami fase laten atau tidak ada gejala sama sekali dan seolah olah sudah ‘sembuh’ padahal sebenarnya bakteri masih menyebar lebih dalam ke tubuh.
    Sebelum memberikan pengobatan terhadap pasien penderita sifilis maka harus ditentukan terlebih dahulu tahapan infeksi yang sedang terjadi. Pengobatan sifilis adalah dengan memberikan antibiotik, umumnya penisilin, namun bisa juga jenis antibiotik lain, dengan dosis berbeda beda menurut tingkat berat ringan kondisi pasien. Pengobatan sifilis harus tuntas agar tidak menimbulkan infeksi berulang maupun komplikasi lebih lanjut. Selain itu, mengajak pasangan untuk memeriksakan diri merupakan saran yang sebaiknya dilakukan, agar tidak terjadi fenomena bola pingpong, yaitu saling menularkan karena pasangan tidak berobat hingga tuntas.  Untuk mendapatkan pengobatan yang tepat maka dianjurkan untuk menjalani terapi sesuai prosedur medis yang disarankan dokter. Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut ke dokter Anda atau dokter spesialis kulit dan kelamin. Anda dapat membaca artikel di bawah ini: Sifilis Semoga bermanfaat dr. Yosephine