Tanya Dokter

  • Kelamin terasa gatal dan melepuh jika di suntik vitamin B kompleks

  • selamat mlm dok saya ingin bertanya, knp setiap saya di suntik dengan vitamin bekompleks alat V**t*l saya menjadi gatal2 dan melepuh sampe mengandung air dan menjadi sperti koreng dok. dan herannya jika stiap saya sperti itu tempat nya tidak pernah pindah hanya di alat v**t**l saya saja.. tolong sarannya dok.

    Hai rendiajah@gmail.com,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Jika menilik dari keterangan yang Anda sampaikan, kemungkinan keluhan Anda disebabkan oleh fixed drug eruption (FDE, erupsi obat terfiksasi). Kondisi ini ditandai dengan munculnya ruam kulit khas, biasanya berbentuk bulat atau oval, berwarna merah atau keunguan, berbatas tegas, kemudian bisa terisi cairan membentuk vesikel atau bula. Selanjutnya, vesikel atau bula ini akan pecah dan mengelupas membentuk koreng (krusta).

    Ruam akibat FDE bisa timbul di berbagai bagian tubuh, namun yang tersering adalah di bibir dan kelamin. Ruam ini disebut "terfiksasi" karena hampir selalu timbul di tempat yang sama setiap kali mengkonsumsi obat tertentu. 

    Bagaimana mekanisme terbentuknya ruam ini hingga kini belum diketahui secara pasti. Namun, diduga berkaitan dengan reaksi hipersensitifitas tipe I, II, III, dan IV yang erat pengaruhnya dengan faktor genetik (bawaan). Beberapa jenis obat yang kerap memicu FDE adalah antibiotik, anti radang, pil KB, kina, dan sebagainya. Meski jarang, vitamin B kompleks bisa juga memicu reaksi FDE pada beberapa orang yang sensitif.

    Di samping FDE, keluhan yang Anda alami mungkin juga disebabkan oleh:

    • Dermatitis kontak
    • Skabies
    • Herpes genital
    • Herpes zoster
    • Discoid lupus erythematosus
    • Gigitan serangga
    • Folikulitis
    • Manifestasi kulit dari Steven Johnson Syndrome atau Toxic Epidermal Necrolysis, dan sebagainya

    Kami sarankan, Anda memeriksakan langsung keluhan Anda ke dokter spesialis kulit ya.. Kemungkinan, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan, misalnya uji tempel obat untuk menilai ada tidaknya reaksi hipersensitifitas.

    Sebagai langkah awal:

    • Hindari konsumsi atau penyuntikan obat sembarangan tanpa petunjuk dokter
    • Hindari memencet atau mengelupasi secara paksa ruam yang muncul di kelamin
    • Jaga kebersihan organ intim
    • Jangan melakukan seks bebas

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah