Tanya Dokter

  • Benjolan di kelopak mata bagian dalam

  • selamat pagi dok saya mau nanyak mata saya kan ada benjolan di klopak mata bagian dalam nya tapi saya tidak sadar kalau ada benjolan dok karna benjolan itu tidak sakit dan tidak terasa waktu saya pegang atau saya tekan jgx tidak berasa dok benjolan nya pun keras saya takut kalau itu nanti penyakit berbahaya atau gimana dok solusinya.. terimakasih sebelumnya.
    Nugrohoayatullah Alyqumaini  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Nugrohoayatullah,

    Benjolan pada mata dapat disebabkan salah satunya oleh infeksi pada kelopak mata, penyumbatan kelenjar air mata ataupun karena penyebab lain. Jika tidak ditangani dengan baik, benjolan tersebut dapat membesar dan menimbulkan komplikasi yang perlu diperhatikan salah satunya disebut dengan kalazion.

    Benjolan kelopak mata yang paling umum adalah bintitan dimana timbul pada kelopak mata sering kali di ujung atau tengah kelopak mata baik kelopak bawah ataupun atas. Bintitan sendiri mirip dengan jerawat atau bisul. Selain bintitan ada juga peradangan pada kelopak mata yang disebut dengan blepharitis. Keduanya jika tidak ditangani dapat menimbulkan kalazion yaitu benjolan pada kelopak mata yang berkembang dari benjolan infeksi atau benjolan lain yang sifatnya tidak menimbulkan nyeri dan dapat menimbulkan rasa tidak nyaman.

    Untuk mengatasinya dapat dilakukan beberapa upaya seperti mengompres benjolan dengan air hangat, beri pijatan lembut setelah dikompres untuk membantu mengeluarkan cairan dari benjolan tetapi cuci tangan terlebih dahulu, bersihkan kelopak mata setidaknya 2 kali dalam sehari dan jika tidak membaik periksakan diri pada dokter mata agar dilakukan pemeriksaan dan akan dilakukan tindakan jika diperlukan untuk mengeluarkan isi benjolan tersebut.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.