Tanya Dokter

  • Konsumsi mie instan pada penderita diare

  •  ryurano
    Anggota
    Begini dok sudah 2 hari saya menderita diare. Nafsu makan saya benar benar menurun drastis. Saya tetap berusaha untuk terus makan meskipun sedikit seperti saran dari para dokter hebat disini. Saya mungkin termasuk jarang mengonsumsi mie instan. Dalam sebulan ada sekitar 4-5 bungkus yang saya konsumsi (2-3 bungkus perminggu). Yang ingin saya tanyakan dok, mengonsumsi mie instan pada saat diare apakah dapat memperparah gejala diare?

    Hai ryurano,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Diare paling sering menandakan adanya gangguan pada saluran pencernaan, bisa karena infeksi, intoleransi, malabsorpsi, dan sebagainya. Kesemua kondisi ini menyebabkan motilitas usus meningkat, sehingga penyerapan cairan dan nutrisi menjadi terganggu, akibatnya terjadilah diare. Saat mengalami diare, produksi asam lambung pun akan turut meningkat. Karenanya, perut akan terasa mual, kembung, begah, dan mudah kenyang, sehingga nafsu makan pun menurun.

    Sebagaimana telah dijelaskan oleh tim dokter kami sebelumnya, untuk mengatasi penurunan nafsu makan, Anda sebaiknya mengatasinya dengan makan sedikit-sedikit namun sering. Tujuannya adalah, agar Anda tidak merasa mual, namun kebutuhan gizi Anda tetap terpenuhi. 

    Namun, meski demikian, tidak lantas berarti bahwa makanan apapun bisa Anda konsumsi. Konsumsi makanan yang tidak tepat justru berpotensi membuat keluhan bertambah parah.

    Konsumsi mie instan secara berlebihan, pada orang sehat sekalipun, tidak disarankan dari sisi medis. Mie instan yang dikonsumsi berlebihan berpotensi menyebabkan berbagai risiko negatif, di antaranya yakni:

    • Kegemukan, obesitas
    • Hiperkolesterolemia (kolesterol tinggi)
    • Peningkatan risiko diabetes, stroke, serangan jantung, hipertensi, dan penyakit metabolik lainnya

    Pada orang yang sensitif, konsumsi mie instan yang berlebihan bisa juga memicu gangguan saluran cerna, misalnya mual, muntah, atau juga diare. Karenanya, sebaiknya Anda hentikan kebiasaan tersebut ya..

    Untuk membantu mengoptimalisasi penyembuhan diare dan meningkatkan nafsu makan, coba lakukan beberapa tips berikut:

    • Sementara, perbanyak makanan lunak terlebih dulu, misalnya bubur beras
    • Batasi makanan pedas, berlemak, mengandung banyak gas, pemanis buatan, dan kafein
    • Hindari makanan yang diolah dengan tidak higienis
    • Perbanyak minum 8-12 gelas perhari
    • Perbanyak istirahat
    • Untuk membantu meningkatkan nafsu makan, variasikan menu makanan sehari-hari, jangan stres, atau konsumsi suplemen temulawak (curcuma) jika perlu

    Apabila keluhan tidak membaik, coba memeriksakan diri kembali ke dokter untuk memperoleh penanganan yang tepat ya..

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah