Tanya Dokter

  • Penanganan penyakit asam lambung dan kaitannya dengan kualitas sperma

  •  Boy Rachman
    Anggota

    Hallo Dokter,

    Saya mau tanya Dok,saya mempunyai penyakit lambung dan sering konsumsi berbagai macam obat. yang saya tanyakan.

    1. apakah setelah mengkonsumsi berbagai macam obat sperma saya bagus dok ?

    2. setiap sakit lambung kambuh kenapa saya sampai demam dan pinggang sebelah kanan sakit serta kaki kanan saya terasa pegal.

     

    mohon balasannya dok ter.terima kasih dan sukses selalu dokter..

     

    Boy Rachman  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Boy,

    Penyakit lambung dapat dipicu oleh pola makan yang kurang baik, asupan makanan yang kurang baik seperti makanan berlemak, pedas, asam, ataupun konsumsi kafein berlebih, atau juga dapat dipicu karena stres dan juga akibat konsumsi obat tidak sesuai anjuran terlebih obat penahan sakit yang dapat memicu tukak lambung. Untuk itu perlu diperhatikan pola makan agar makan lebih sering dengan porsi kecil, makan-makanan bernutrisi dengan menghindari makanan berlemak, berminyak, asam dan hindari mengonsumsi makanan atau minuman berkafein seperti kopi, teh, minuman bersoda, cokelat dan juga mengelola stres dengan baik.

    Ketika terjadi nyeri akut pada lambung dapat terjadi karena peradangan pada lapisan lambung, kondisi ini dapat membuat nyeri hebat baik secara tiba-tiba ataupun perlahan-lahan, gejala dapat berupa nyeri perut, mual, muntah, keringat dingin, menggigil, hilang nafsu makan, bahkan muntah darah. Untuk itu perlu dilakukan pemeriskaan oleh dokter untuk menilai kondisi Anda agar tidak sembarangan minum obat dan merencanakan terapi yang diperlukan. Dokter juga akan melakukan serangkaian pemeriksaan untuk menilai kondisi lambung dan seluran pencernaan Anda salah satunya dengan pemeriksaan endoskopi.

    Sperma yang sehat dinilai dari jumlah sel sperma, kemampuan bergerak, bentuk sperma yang dapat dilakukan pemeriksaan melalui pemeriksaan laboratorium lebih lanjut. Kondisi medis yang dapat memicu gangguan sperma diantaranya seperti infeksi menular seksual, gangguan hormonal, gangguan tiroid, penyakit jantung, diabetes dan lainnya untuk itu perlu untuk menjaga kesehatan sperma dengan pola hidup sehat dan menghindari infeksi menular seksual. Hindari juga kebiasaan merokok dan minum-minuman keras. Obat-obat tertentu juga dapat mempengaruhi kualitas sperma seperti steroid, obat tekanan darah tinggi, obat sistem saraf pusat, obat tiroid dan lainnya.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.