Tanya Dokter

  • Efek samping mengonsumsi obat penambah berat badan

  • Saya pernah minum obat gemuk namanya pronicy sama dexa-m Selama 3 bulan berat badan saya tambah menjadi 10 kg, tapi ketika saya berhenti minum obat itu, berat badan saya turun banget, gimana dok cara supaya saya tidak berpengaruh obat itu lagi, dan apakah ada efek samping yang buruk terhadap tubuh saya ketika berhenti mengkonsumsi obat itu? terima kasih dok.

    Halo,   Obat pronicy adalah salah satu antihistamin yang memiliki efek samping meningkatkan nafsu makan sehingga sering disalahgunakan sebagai obat penambah nafsu makan pada seseorang. Sementara dexa-M merupakan obat steroid ringan yang bisa membuat badan menjadi gemuk akibat penimbunan lemak dan air pada bagian tubuh tertentu seperti muka, bahu, perut dll. Kedua obat diatas bukanlah obat untuk gemuk. Jadi hentikan konsumsi obat tersebut sebelum timbul efek samping akibat konsumsi jangka panjang kedua obat itu. Ukur BMI Anda untuk memastikan apakah perlu penambahan berat badan pad Anda. Gunakan kalkulator BMI di laman ini. Untuk menaikan berat badan Anda dapat melakukan beberapa tips lain yang aman dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya yaitu :

    1. Perbanyak jumlah kalori makanan Anda. Kalori merupakan kunci untuk meningkatkan berat badan. Semakin banyak Anda makan maka kenaikan berat badan bisa segera terjadi.
    2. Lakukan olahraga. Naikkan jumlah massa otot Anda daripada jumlah lemak Anda sehingga bisa tercapai berat ideal dengan bentuk yang proporsional.
    3. Makan cemilan sehat seperti jus alpukat, snackbar, jagung, kentang , keju, mayonaise dll.
    4. Hindari minum air sebelum makan.
    5. Istirahat cukup.
    6. Makan lebih sering.
    Jika dengan melakukan cara diatas namun berat Anda belum naik sesuai harapan maka Anda bisa memeriksakan diri ke dokter / ahli gizi. Pemeriksaan akan diperlukan untuk melihat adakah faktor medis lain yang membuat berat badan susah naik seperti gangguan tiroid, diabetes, stress psikis dll. Baca topik Menaikkan berat badan. Semoga membantu.   dr. Yusi