Tanya Dokter

  • Konsumsi suplemen kalsium laktat

  •  claura
    Anggota

    Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh,

    Alo Dokter!

    Mau tanya dok, aku umur 21th .. untuk tambah tinggi badan/ mencegah osteoporosis, saya mengkonsumsi calcium lactate ( kalsium laktat) dengan dosis 500mg apakah aman dok? untuk memenuhi kebutuhan kalsium saya juga minum susu tinggi kalsium, dan vitamin lain seperti scotts emulsion.. apakah tambahan kalsium laktat perlu dok? dan adakah efek samping dlm penggunaan jangka panjang? 

    Hai Claura. Di usia anda yang sudah mencapai 21 tahun, dapat dikatakan bahwa pada usia ini masa pertumbuhan tulang sudah selesai. Masa pertumbuhan tulang akan mencapai puncaknya ketika usia remaja pada usia 18 tahun pada pria dan 16 tahun pada wanita. Pada masa ini lempeng epifisis sudah menutup sehingga sudah tidak memungkinkan terjadi peningkatan tinggi badan.

    Sedangkan untuk mencegah osteoporosis sendiri, memang betul bahwa asupan Kalsium seseorang harus cukup agar tubuh tidak mengambil simpanan pada tulang. Tidak hanya asupan Kalsium saja, namun harus disertai olahraga yang cukup untuk membantu menjaga kekuatan tulang. Sebenarnya, jika asupan Kalsium anda cukup untuk memenuhi kebutuhan Kalsium harian anda yakni 1000 mg per hari. Hal ini dapat terpenuhi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung Kalsium seperti sayuran berwarna hijau gelap, produk susu. 

    Mengenai keperluan adanya suplemen Kalsium tambahan, lebih baik anda berkonsultasi dengan dokter anda. Hal ini dikarenakan, konsumsi Kalsium berlebihan sendiri memiliki efek seperti resiko timbulnya batu ginjal, konstipasi, dan lemas. 

    Konsultasikan lebih lanjut dengan dokter mengenai kondisi yang anda alami. Jaga kesehatan tulang anda dengan konsumsi makanan mengandung kalsium, perbanyak konsumsi air putih, olahraga teratur terutama pagi hari sebelum jam 9 pagi, dan istirahat cukup, serta jaga postur tubuh anda dengan mengangkat barang dengan posisi tulang punggung yang lurus, jangan membungkuk. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa

    Hai Claura. Di usia anda yang sudah mencapai 21 tahun, dapat dikatakan bahwa pada usia ini masa pertumbuhan tulang sudah selesai. Masa pertumbuhan tulang akan mencapai puncaknya ketika usia remaja pada usia 18 tahun pada pria dan 16 tahun pada wanita. Pada masa ini lempeng epifisis sudah menutup sehingga sudah tidak memungkinkan terjadi peningkatan tinggi badan.

    Sedangkan untuk mencegah osteoporosis sendiri, memang betul bahwa asupan Kalsium seseorang harus cukup agar tubuh tidak mengambil simpanan pada tulang. Tidak hanya asupan Kalsium saja, namun harus disertai olahraga yang cukup untuk membantu menjaga kekuatan tulang. Sebenarnya, jika asupan Kalsium anda cukup untuk memenuhi kebutuhan Kalsium harian anda yakni 1000 mg per hari. Hal ini dapat terpenuhi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung Kalsium seperti sayuran berwarna hijau gelap, produk susu. 

    Mengenai keperluan adanya suplemen Kalsium tambahan, lebih baik anda berkonsultasi dengan dokter anda. Hal ini dikarenakan, konsumsi Kalsium berlebihan sendiri memiliki efek seperti resiko timbulnya batu ginjal, konstipasi, dan lemas. 

    Konsultasikan lebih lanjut dengan dokter mengenai kondisi yang anda alami. Jaga kesehatan tulang anda dengan konsumsi makanan mengandung kalsium, perbanyak konsumsi air putih, olahraga teratur terutama pagi hari sebelum jam 9 pagi, dan istirahat cukup, serta jaga postur tubuh anda dengan mengangkat barang dengan posisi tulang punggung yang lurus, jangan membungkuk. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa

    Hai Claura. Di usia anda yang sudah mencapai 21 tahun, dapat dikatakan bahwa pada usia ini masa pertumbuhan tulang sudah selesai. Masa pertumbuhan tulang akan mencapai puncaknya ketika usia remaja pada usia 18 tahun pada pria dan 16 tahun pada wanita. Pada masa ini lempeng epifisis sudah menutup sehingga sudah tidak memungkinkan terjadi peningkatan tinggi badan.

    Sedangkan untuk mencegah osteoporosis sendiri, memang betul bahwa asupan Kalsium seseorang harus cukup agar tubuh tidak mengambil simpanan pada tulang. Tidak hanya asupan Kalsium saja, namun harus disertai olahraga yang cukup untuk membantu menjaga kekuatan tulang. Sebenarnya, jika asupan Kalsium anda cukup untuk memenuhi kebutuhan Kalsium harian anda yakni 1000 mg per hari. Hal ini dapat terpenuhi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung Kalsium seperti sayuran berwarna hijau gelap, produk susu. 

    Mengenai keperluan adanya suplemen Kalsium tambahan, lebih baik anda berkonsultasi dengan dokter anda. Hal ini dikarenakan, konsumsi Kalsium berlebihan sendiri memiliki efek seperti resiko timbulnya batu ginjal, konstipasi, dan lemas. 

    Konsultasikan lebih lanjut dengan dokter mengenai kondisi yang anda alami. Jaga kesehatan tulang anda dengan konsumsi makanan mengandung kalsium, perbanyak konsumsi air putih, olahraga teratur terutama pagi hari sebelum jam 9 pagi, dan istirahat cukup, serta jaga postur tubuh anda dengan mengangkat barang dengan posisi tulang punggung yang lurus, jangan membungkuk. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa