Tanya Dokter

  • Kontraksi palsu terlalu sering berbahayakah?

  • Siang dok,saya seorang ibu umur 23th punya 1 anak..skrg sdg hamil 37 minggu anak kedua.. Saya sering mengalami kontraksi yg luar biasa sekali sakit nya,tpi setiap d cek k bidan gpp.. Apakah itu berbahaya dok? Sekedar informasi,anak pertama saya lahir d usia kandungan 28 minggu.. Jadi ini pengalaman pertama saya hamil sampai cukup bulan.. Ditunggu penjelasan nya Dok.. Wassalam ?

    Hai Kontraksi palsu merupakan kontraksi otot rahim yang disebut Braxton hicks. Ini merupakan hal yang normal dan tidak berbahaya. Berikut perbedaan antara kontraksi palsu dengan kontraksi saat menjelang persalinan:

    1. Kontraksi palsu, mempunyai jeda waktu antara kontraksi yang tidak teratur. Sedangkan pada kontraksi persalinan mempunyai pola kontraksi yang teratur misal setiap 5 atau 10 menit, dsb, Anda dapat mengetahuinya bila memperhatikan jeda waktunya.
    2. Kontraksi palsu tidak disertai keluarnya cairan ketuban, lendir atau darah
    3. Kontraksi palsu akan hilang dan berkurang dengan perubahan posisi tubuh dan aktivitas
    4. Kontraksi palsu, nyeri hanya terasa pada bagian perut bagian bawah dan sekitar selangkangan, sedangkan kontraksi persalinan nyeri terasa dimulai pada perut bagian atas, menjalar ke seluruh bagian perut dan pinggang.
    Untuk pastinya sebaiknya Anda secara rutin memeriksakan pada bidan Anda dan juga melakukan pemeriksaan USG pada dokter kebidanan dan kandungan untuk mengetahui keadaan janin, serta kemungkinan proses persalinan. Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Tanda-tanda melahirkan sudah dekat. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william    

    Terima kasih Dok atas penjelasan nyaa.. Dalam sebulan ini saya udah 3x USG,bahkan dalam seminggu belakangan sudah bbrpa kali ke bidan krna trjdi nya kontraksi.. Setiap d cek,pembukaan masii 2 dok..ga nambah",tapi kontraksi nya juga ga ilang".. Tadi pagi saya berhubungan dgn suami,sengaja sperma d tumpahkan d dalam.. Menurut artikel yg saya baca",bisa membantu pembukaan.. Alhasil,dr pagi sampai saat inii kontraksi saya berjalan trus.. Tapi belum d cek ulang ke bidan,apakah sudah ada bukak an lagi atau belum.. Tegang n kram perut saya dr atas sampai bawah dok,samping juga.. Selangkangan rsa nya sakit.. Miss V jga rsa nya panas atau sprti ada yg mendesak mau kluar gitu.. Sampai buang air kecil pun saya nangis nahan sakit nya dok.. Normal kah seperti itu dok??