Tanya Dokter

  • Apa bedanya tes glukosa radah dengan tes HbA1c untuk diabetes?

  •  fitraedi
    Anggota

    Slamat siang teman2 forum alodokter

    Perkenalkan saya Edi. Mau numpang tanya. Ibu saya menderita diabetes tipe 2. Beliau di diagnosis bulan february. Sudah menjalani pengobatan dengan beberapa obat. Slama ini kalau tes gula darah di rumah itu baik2 saja. Cuma paling 3/4 kali ada tinggi sedikit.

    Kemarin kita cek up ke dokter. Dokter ada menawarkan ibu untuk tes HbA1c. katanya itu untuk tes apa gula di kontrol dengan baik atau tidak.

    Nah saya agak bingung. ini apa bedanya dengan tes gula darah biasa?

    Terima kasih teman2 untuk penjelasannya sebelumnya.

    fitraedi  aprilia winita
    Anggota

    Hai Pak Edi. Ibu saya juga diabetes. diabetesnya sudah hampir 10 tahun. karena sy yg sering bawa dia cek up dan berobat ke dokter saya tau sedikit2 ttgl test hba1c itu. kalau tes gula yg dilakukan di rumah itu untuk nge-tes tingkat darah pada detik itu juga pak. sedangakan Hba1c itu tesnya menunjukkan sebagaimana bagus kita mengontrol gula dalam darah dalam kalo ga salah 2-3 bulan terakhir. jadi dia lebih memberikan gambar besar dalam bulan-bulan terakhir ini. Jadi kalau dalam 2-3bulan terakhir ini kontrolnya rata-rata tiap hari bagus, maka tes hba1cnya akan bagus. itu sih pak pengertian saya. singkat aja. smoga berguna ya pak.