Tanya Dokter

  • Kontrol pasca kuret

  •  shnany
    Anggota
    halo dok,Minggu kemaren sy habis di kuret,dan besok mau kontrol, sebaiknya pertanyaan apa yg harus sy tanyakan?

    Haloo Shnany,

    Ketika seorang wanita hamil, maka rahim akan mengalami penyesuaian sedemikian rupa untuk dapat mempertahankan janin yang tumbuh. Ketika bayi telah dilahirkan, maka berangsur-angsur rahim akan kembali pada kondisi sebelum hamil (involusi). Masa ketika 1 jam setelah ari-ari (plasenta) lahir hingga 42 hari setelahnya dikenal sebagai masa nifas, dimana masa nifas inilah masa penting kembalinya organ reproduksi sebagaimana seperti sebelum hamil. Masa ini juga dilalui oleh wanita yang pasca keguguran.

    Dalam beberapa hari pasca kuret, umumnya wanita akan mengalami kram perut serta perdarahan ringan. Tidak butuh waktu yang lama untuk dapat beraktivitas kembali seperti biasanya. Perawatan pasca kuret tetap dibutuhkan untuk memastikan agar tidak terjadi infeksi atau komplikasi lainnya. Dari beberapa literatur, wanita pasca kuretase diharapkan menunda hubungan seksual hingga perdarahan berhenti, ada pula yang menyarankan setelah terjadi menstruasi kembali, bahkan ada pula yang menyebutkan untuk kembali berhubungan setelah masa nifas terlampaui (setelah 42 hari). Di samping itu,pasca kuret juga umumnya disarankan menunda terjadinya kehamilan berikutnya dalam jangka waktu tertentu. Tidak ada batasan yang pasti. Sebuah literatur ilmiah menyebutkan bahwa 6 bulan pasca keguguran adalah waktu terbaik untuk hamil kembali. Meskipun demikian, ada pula yang menyebutkan 3 bulan pasca keguguran sudah boleh hamil kembali. Pada dasarnya literatur tidak menganjurkan kehamilan terlalu cepat terjadi, terlebih seperti yang Anda ketahui, organ reproduksi sedang dalam masa pemulihan pasca keguguran.

    Karena Anda akan memeriksakan diri esok, ada baiknya Anda menanyakan hal-hal berikut:

    • bagaimana perawatan pasca kuret? dan setiap kapan harus kontrol kembali?
    • kapan boleh memulai hubungan intim kembali?
    • kapan sebaiknya hamil kembali pasca kuret?
    • bila kehamilan harus ditunda, kontrasepsi apa yang tepat digunakan?

    Bila Anda memiliki pertanyaan lainnya, jangan ragu untuk mengkonsultasikan hal tersebut di luar usulan pertanyaan yang kita susun di atas.

    Simak artikel berikut : Tips Perawatan Pasca Kuretase

    Semoga bermanfaat, terima kasih