Tanya Dokter

  • nyeri tanpa keputihan atau gatal

  • Dok, melalui salah satu analisis kesehatan, sy diberitahu kalau saya mengalami radang pada vagina,penggantung rahim,dan leher rahim. Yg saya tanyakan mnrut dokter sy hrs bgmn? Langkah awal ap yg hrs sy lkukn. Apkn peradangan tsb nantiny bs berbahaya? Apakah bs mnj kanker? Utk gejala yg sy almi adl rsa nyeri sj sy tdk mrskn adny keputihan/Gatal cm nyeri.

    Hello, Apakah yang Anda maksud dengan peradangan itu merupakan proses infeksi atau non infeksi? Peradangan yang Anda alami pada rongga vagina, leher rahim (serviks), dan penggantung rahim (adnexa) merupakan peradangan yang mengenai multiple organ. Radang yang terjadi pada organ-organ dalam rongga panggul tersebut bias terjadi akibat dari infeksi pada satu organ yang kemudian menyebar ke organ yang lain. Biasanya yang paling sering mendasari hal tersebut adalah infeksi menular seksual seperti gonorea dan atau klamidia. Namun hal lain yang mungkin terjadi adalah merupakan infeksi yang terpisah, yang artinya peradangan pada organ tersebut terjadi tanpa berhubungan satu dengan lainnya. Penyebab dari gangguan ini lebih sulit ditentukan karena masing-masing dapat memiliki penyebab yeng berbeda-beda. Hal lain yang mungkin terjadi adalah merupakan peradangan yang disebabkan oleh non-infeksi atau tidak ada mikroorganisme dari luar tubuh yang menyebabkan peradangan. Kemungkinan dari proses peradangan ini bias disebabkan oleh:

    1. Endometriosis (http://www.alodokter.com/endometriosis/)
    2. Adenomiosis
    3. Penggunaan alat kontrasespsi (http://www.alodokter.com/memilih-alat-kontrasepsi)
    4. Kanker
    5. Fibroid
    6. Stenosis leher rahim
    7. dan lainnya
    Konsultasikan hal tersebut dengan dokter yang memeriksa Anda, karena setiap penyebab memiliki cara pengobatan yang berbeda-beda. Tidak tepatnya pengobatan tidak akan menyembuhkan penyakit yang Anda alami. Prognosa setiap penyebab juga berbeda-beda. Ada beberapa dari penyakit diatas tersebut yang dapat disembuhkan dengan cepat atau ada yang membutuhkan penanganan yang intensif dan berkelanjutan. Ada yang membutuhkan obat-obatan dan ada pula yang membutuhkan tindakan medis. Berikut adalah laman yang membahas mengenai nyeri pada haid secara umum : http://www.alodokter.com/penyebab-nyeri-haid-yang-tidak-tertahankan Semoga dapat bermanfaat. Salam, dr Henry Andrean