Tanya Dokter

  • Kotoran kuping basah dan berwarna kekuningan

  •  Budi Wijayaa
    Anggota
    Selamat Pagi dok, kotoran kuping saya sebelah kiri basah dan berwarna kuning. Sedangkan kotoran kuping sebelah kanan kering. Apakah ada gejala infeksi kuping pada kuping kiri saya?
    Budi Wijayaa  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Budi Wijaya,

    Infeksi telinga dapat terjadi pada telinga bagian luar, telinga bagian tengah ataupun telinga bagian dalam. Sebagian besar nfeksi yang terjadi adalah pada bagian tengah yang disebut dengan otitis media. Infeksi ini dapat ditandai dengan beberapa gejala seperti nyeri telinga, demam, keluar cairan dari telinga, telinga terasa penuh, timbul suara berdenging dan berkurangnya indra pendengaran.

    Kotoran telinga sendiri dapat menjadi gambaran infeksi atau tidak jika timbul lebih cair ataupun dapat disertai darah. Jika kotoran lebih basah atau kering saja tidak dapat dipastikan apakah terdapat infeksi atau tidak, perlu dilakukan pemeriksan lebih lanjut dan perhatikan gejala lain yang timbul. Dokter nantinya akan mewawancara mengenai gejala yang timbul, melakukan pemeriksaan fisik dan juga tes tambahan untuk menilai ada tidaknya infeksi yang terjadi.

    Hindari membersihkan telinga dengan cotton bud karena dapat membuat kotoran telinga terdorong kedalam dan juga iritas telinga. Anda dapat menggunakan obat tetes telinga untuk melunakkan kotoran kemudian mengeluarkannya dengan cara menarik menggunakan alat khusus atau dapat juga dilakukan pembersihan pada dokter atau dokter ahli THT. Jika timbul tanda-tanda infeksi yang dijelaskan diatas, periksakan diri pada dokter agar penyebabnya diketahui pasti dan diberikan penanganan lebih lanjut.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.