Tanya Dokter

  • Penyebab anggota tubuh sering kram

  •  Rukmasari
    Anggota
    Halo dokter Saya rukmasari..umur saya 26th Akhir2 ni saya sering mengalami seperti kram Kejadian pertama kali saya alami setelah saya menangis hebat Tiba2 badan saya terasa kesemutan,terutama jari tangan kaki n bibir. Tak lama kemudian jari2 tangan n kaki saya kaku,menekuk dg sendirinya dan sulit utk digerakkan. Semakin saya ketakutan n histeris,jari saya semakin kaku n suhu tubuh saya menurun.tp setelah saya merilekskan badan,n jari saya dipijat perlahan,jari saya kembali normal Saya bingung..penyakit apa ini dok? N seharusnya saya memeriksakan diri ke dokter spesialis apa? Mohon dijawab pertanyaan saya Atas tanggapannya,terima kasih.

    Halo Rukmasari......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami jika kita fokuskan kepada kram otot, merupakan suatu kontraksi atau menegangnya otot dengan kuat dan secara tiba - tiba, dapat disebabkan oleh berbagai macam hal.

    Berikut ini beberapa kondisi yang dapat menimbulkan kram otot, yaitu : kekurangan mineral seperti kalium/ kalsium/ Magnesium, tekanan terhadap saraf, suplai darah yang tidak memadai, dehidrasi, terpapar suhu dingin, efek samping dari obat obatan tertentu yang rutin dikonsumsi, terdapatnya suatu infeksi didalam tubuh, hepatitis, penyakit tiroid, dan lain sebagainya.

    Jika Anda memang khawatir akan hal ini, kami menyarankan untuk menemui dokter spesialis penyakit saraf atau neurologi, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkain pemeriksaan lebih lanjut secara langsung.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang Anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik, tes darah, tes elektrolit, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Berikut ini beberapa tips agar mencegah kram otot kembali terjadi, diantaranya adalah : selalu menghentikan aktivitas dan melemaskan otot jika sudah terasa lelah, minum air putih minimal 2 Liter perhari, konsumsi makanan kaya magnesium seperti kacang - Kacangan dan Biji-bijian.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati