Tanya Dokter

  • sering kram dada sebelah kiri

  •  M Arfandi
    Anggota
    Dokter sya awalnnya sering kram dada bagian kiri tapi sekaranag kramnnya sering berpindah pindah di dada kanan dan punggung atas juga. Apakah itu bukan masalah serius dok??

    Halo M Arfandi........

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, kram merupakan suatu kontraksi atau menunggangnya otot dengan kuat dan secara tiba - tiba. Hal ini dapat disebabkan oleh : kekurangan mineral seperti kalium/ kalsium/ Magnesium, tekanan terhadap saraf pada tulang belakang, suplai darah yang tidak memadai, dehidrasi, cedera, terpapar suhu dingin, terdapatnya suatu infeksi didalam tubuh, penyakit hati, dan lain sebagainya.

    Untuk mengetahui apakah hal ini merupakan suatu masalah yang serius atau tidak, maka haruslah diketahui terlebih dahulu penyebab pastinya. Sedangkan untuk mengetahui penyebab pastinya, maka haruslah dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut secara langsung.

    Jika hal ini sudah sering di alami dan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit dalam terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang Anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik, tes darah, tes elektrolit, rekam jantung / EKG, rontgen, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti nantinya diketahui.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati