Tanya Dokter

  • Bagian atas vagina kram setelah berhubungan intim

  •  Ciecie Mechi
    Anggota

    Hai dok mau tanya ni.knpa yah klau sudah berhubungan sama suami saya mesti kram di atas vagina saya .padahal kalau ngak pernah berhubungan intim dalam sebulan normal normal aja.kami udah nikah 2 tahun yg lalu dan sampai sekarg belum peenah hamil .madsud yg saya alami sekarang knpa dok. Tolong jawabanya yah.

    Ciecie Mechi  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Ciecie, Apakah kram tersebut hingga menimbulkan rasa nyeri? Nyeri saat atau setelah berhubungan intim disebut sebagai dyspareuni. Kondisi ini dapat terjadi / terasa di bagian luar (vagina dan bibir kemaluan) ataupun terasa di bagian dalam (perut bawah, panggul). Dyspareuni pada bagian luar dapat disebabkan antara lain :

    • Kurangnya pemanasan sebelum hubungan seksual / kurangnya pelumas
    • Vaginismus : kontraksi vagina yang terjadi secara refleks hingga menyebabkan kram atau myeri sebagai akibat respon psikologik / fisik saat akan dimasuki oleh suatu objek
    • Radang pada vulva / bibir vagina dan vagina
    Sedangkan dyspareuni pada bagian dalam dapat disebabkan :
    • endometriosis / pertumbuhan jaringan endometrium di luar rahim; juga dapan menyebabkan ketidaksuburan
    • radang panggul
    • radang pada janringan pengikat dan penyokong rahim
    • kista indung telur
    • Infeksi saluran kemih
    • dsb
    Selain itu, jika anda telah melakukan hubungan seksual secara teratur dengan suami tanpa kontrasepsi dan sudah lebih dari setahun belum hamil maka secara medis sudah dikatakan terjadi ketidaksuburan. Sebaiknya anda memeriksakan kondisi ini ke dokter kandungan. belum hamil dan keluhan yang anda alami mungkin saja berkaitan (misal keduanya dapat menjadi tanda/gejala endometriosis) ataupun merupakan 2 kondisi yang terpisah. Tujuannya tetnu untuk memastikan penyebab kram tersebut dan melakukan pemeriksaan pada pasangan untuk mencari sebab mengapa belum pernah hamil hingga sekarang. Pada tahap awal umumnya akan dilakukan wawancara medis dan pemeriksaan fisik dan USG, jika diperlukan mungkin dapat dilakukan pemeriksaan lainnya sesuai indikasi. Untuk kasus infertilitas, pada umumnya akan dilakukan wawancara dan pemeriksaan fisik, pemeriksaan USG dan HSG, serta pemeriksaan hormonal (jika diperlukan)  pada wanita serta analisa sperma pada pria. penyebab infertilitas wanita  penyebab infertilitas pria kram setelah hub seksual tips cepat hamil demikian yang dpaat saya sampaikan , semoga bermanfaat.  

    Ciecie Mechi  Ciecie Mechi
    Anggota

    Oh makasih dok informasi nya sngat bermamfaat .. Suami saya udah buat pemeriksaan sperma dokter kata normal aja. Jadi tidak jadi kehamilan apakah penyebab dari saya dokter.dan apa yang harus saya buat dan saya mau konsumsi suplamen apa dok agar dapat membantu untuk kehamilan.

    Ciecie Mechi  dr. Rico N
    Dokter

    Pada kasus infertilitas, sebaiknya kedua belah pihak ikut memeriksakan diri. Suami memeriksakan diri, andapun demikian (mencari tahu apakah, misalnya, ada endometriosis atau tuba / saluran telur yang buntu, biasanya diawali dengan pemeriksaan USG dan HSG / hidrosalphingografi, jika dipastikan anatominya normal barulah dicek apakah ada masalah pada hormonalnya). Pada wanita pemeriksaan kesuburan memang sedikit lebih kompleks dibanding laki-laki. Secara umum anda dapat mengkonsumsi suplemen yang mengandung zat besi, asam folat, antioksidan seperti vitamin C dan E. Akan tetapi, tentunya seberapa besar manfaatnya tergantung dari penyebab masalah anda, maka dari itu, sebaiknya berkonsultasi dahulu degan dokter kandungan. Jika, misalkan, terdapat endometriosis atau tuba yang buntu, jika itu tidak dikoreksi, minum suplemen seperti apapun tentunya tidak akan banyak membantu.

    Ciecie Mechi  Adien
    Anggota

    Hai dok nama saya fitri,,saya baru menikah sekitar 2 bulan..setiap habis melakukan HB seksual,,pwrut bawah saya mules atau kadang nyeri dok..itu knp ya dok?aman atau tidak?memang setahun lalu saya pernah mengalami kecelakaan yaitu patah kaki,,dan habis kecelkaan saya pernah diusg dan katanya rahim saya aman..apa yang menyebabkan perut bawah saya sakit setelah berhubungan dok?