Tanya Dokter

  • Kram hingga ingin pingsan saat menstruasi

  •  Anggrainie
    Anggota
    sore dok, saya mau bertanya. tgl 13 november kemaren tepatnya hari pertama saya haid mengalami kram yg menurut saya gapernah saya ngalami kram seperti itu, lebih parah yg menyebabkan diri saya tak sadarkan diri (pingsan) saat saya lagi di perjalanan. saat saya di klinik dokter yg tanganin saya hanya kram biasa dan bilangnya itu puncak kontraksi saat haid. tapi saya merasakan sampe saya enek(mual) dan perut saya sudah 3 hari masih sering merasakan kram tapi tidak separah hari itu. menurut dokter saya harus bagaimana ?

    Hai Anggraine. Secara umum, kondisi nyeri haid pada seseorang tidak selalu harus dirasakan dalam setiap siklus dan kadang intensitasnya dapat berbeda. Biasanya hal ini dipengaruhi oleh kondisi hormonal anda saat itu serta dari kontraksi rahim itu sendiri. Akibat dari kondisi hormonal sendiri, tak jarang bisa menyebabkan mual. 

    Nyeri haid sendiri dibagi 2 dimana berupa primer dan sekunder. Primer jika penyebabnya tidak diketahui dan biasanya terjadi selama 3 hari pertama walaupun dapat bervariasi pada setiap wanita. Selain itu, pada nyeri haid ini, tidak ditemukan kondisi yang mendasari. Sedangkan sekunder jika ditemukan kondisi yang mendasari seperti radang panggul, kista ovarium. 

    Konsultasikan dengan dokter anda terutama jika hal ini masih berlangsung sampai siklus selanjutnya. Hal yang dapat anda lakukan sendiri yakni 

    1. kompres hangat daerah yang nyeri atau konsumsi penghilang nyeri seperti ibuprofen

    2. konsumsi makanan atau minuman hangat 

    3. jaga pola makan teratur, hindari makanan tinggi gula dan jaga porsi makan 4 sehat 5 sempurna

    4. olahraga teratur seperti yoga 

    5. hindari minuman soda, alkohol, dan rokok 

    6. istirahat teratur dan kelola stres 

    Berikut mengenai nyeri haid. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa