Tanya Dokter

  • Kram pada perut bagian bawah

  •  Irma MayPutri
    Anggota
    dok.. apakah obat2an yg diberikan oleh dokter untyk masalah kram perut akan mengganggu siklus haid saya? soalnya siklus haid saya selalu trratur. saya takut tdak teratur.

    Halo,

    Obat yang diberikan seperti apa? Jenisnya bagaimana dan fungsinya untuk apa? Biasanya hal-hal tersebut adalah hal-hal yang akan dipertimbangkan dokter saat memberikan resep obat. Dokter juga akan menjelaskan efek samping yang mungkin ditimbulkan dari penggunaan obat, baik secara jangka pendek maupun jangka panjang. Anda juga bisa secara aktif bertanya kepada dokter mengenai isi dari obat tersebut. Oleh karena itu, jika Anda merasa khawatir atau merasa cemas, sebaiknya Anda kembali berkonsultasi dengan dokter yang merawat Anda.

    Sementara itu, menstruasi yang tidak teratur bisa disebabkan oleh kondisi fisik (berat badan berlebihan/obesitas), kondisi psikologis (stres atau cemas berlebihan), gangguan hormon, dan kondisi medis tertentu (seperti sindrom ovarium pokistik), penggunaan alat kontrasepsi, pola hidup, dan lainnya.

    Apabila Anda menjaga pola hidup sehat, konsumsi makanan  bernutrisi, olahraga rutin, dan tetap menjaga berat badan ideal, risiko menstruasi tidak teratur dapat diminimalisir.

    Semoga membantu,

    dr. Theresia