Tanya Dokter

  • Apakah kram perut saya berbahaya dan kaitannya dengan penyakit maag?

  •  adelia ap
    Anggota

    Dear dokter,

    saya wanita 24 tahun. dulu sejak SMA saya sering mengalami kram perut tetapi tidak pada sebelum atau saat menstruasi. kram perut tersebut biasanya berlangsung beberapa hari. saya juga memiliki riwayat maag sejak SD. akan tetapi sejak tahun 2014 kram perut sudah tidak sering lagi seperti saat SMA dan awal kuliah.

    awal maret 2015 saya harus diopname karena tipes selama kurang lebih seminggu dan kemudian 3 hari ini pada bulan juni saya mengalami kembali kram perut yang luar biasa disertai dengan demam dan mual. pengobatan selama ini hanya menggunakan spasminal/spasmal/buscopan untuk meredakan rasa sakit.

    pertanyaan saya, apakah kram perut yang sering terjadi ini berbahaya, atau ada hubungannya dengan penyakit maag yang saya derita dok? lalu apakah saya sama sekali tidak boleh makan pedas? karena kebetulan kemarin 4 hari yang lalu saya makan makanan manado yang rempah dan pedasnya sangat kuat. apa saja yang perlu saya hindari agar dapat mengurangi frekuensi kram perut ini? jika memang harus konsultasi langsung dengan dokter, saya harus menemui dokter spesialis apa ya dok?

    terima kasih banyak atas perhatiannya

    Halo Adelia, Ada berbagai macam penyebab kram perut. Keluhan yang paling sering adalah akibat perut yang kembung. Tetapi selain itu kram perut juga dapat disebabkan oleh beberapa hal di bawah ini :

    Mungkin saja keluhan kram yang kamu alami selama ini berhubungan dengan sakit maag yang kamu derita, tetapi bisa juga disebabkan oleh hal lain. Silahkan berkonsultasi dengan dokter penyakit dalam subspesialis gastroenterologi-hepatologi. Beberapa hal yang dapat kamu lakukan :
    • Mulailah untuk memilih makanan yang lebih sehat, hindari makanan siap saji, berlemak, bersantan
    • Rutin berolahraga
    • Berhenti merokok
    • Hindari stress
    • Banyak mengkonsumsi makanan berserat
    • Hindari mengkonsumsi kafein, bersoda atau alkohol
    Silahkan membaca artikel tentang sakit perut Semoga membantu yaa, dr. Tri