Tanya Dokter

  • Penyebab kram perut bagian bawah

  •  Jane OH Jenny
    Anggota

    Pagi dok. Tadi malam saya mengalami kram perut bagian bawah (tengah) yg diskontinu,,dan sangat terasa ketika bergerak,di sertai mual juga..hari ini kramnya sudah berkurang,hanya ketika tertawa,batuk,dan bersin yang agak kram. Apakah ini salah satu tanda kehamilan dok? Mohon penjelasannya,terima kasih.

    Halo, Tanda kehamilan yang paling mudah terlihat adalah terlambat menstruasi. Jika Anda terlambat menstruasi selama 2 minggu, Anda dapat mengkonfirmasi kehamilan dengan memakai test pack. Tanda kehamilan yang lain adalah payudara yang lebih padat sensitif dan kencang, lebih sering buang air kecil, merasa lelah, mual muntah, sensitif terhadap bau, hilang napsu makan, konstipasi, dan beberapa orang terdapat bercak darah yang merupakan tanda implantasi telur yang dibuahi. Kram pada perut bawah dapat disebabkan karena kelainan pada usus atau saluran kemih karena infeksi, peradangan, atau batu. Sedangkan pada wanita nyeri ini dapat spesifik disebabkan karena kelainan pada organ kandungan, seperti:

    Sebaiknya kondisi ini diperiksakan ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan lengkap. Pertimbangkan kemungkinan pemeriksaan USG perut atau pemeriksaan urin untuk mencari penyebabnya. Semoga membantu, terimakasih